Tips Memanfaatkan Air Hujan untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Oleh: 07 Mar 2016, 20:30 WIB | 1931 Pembaca
foto : panks

Ketika Anda melihat iklan-iklan rumah dijual, pasti bakal sering menemukan kata "bebas banjir". Salah satu promosi yang hingga kini dinilai efektif menarik minat pembeli. Tapi benarkah rumah yang ditawarkan tersebut bebas banjir?

Seperti diketahui, banjir bisa terjadi karena banyak faktor. Mulai dari sistem pengelolaan air yang kurang baik, dataran yang memang rawan banjir, hingga faktor bencana alam yang sulit diprediksi.

Bila banjir terjadi karena kesalahan konstruksi atau daerah rawan banjir, setidaknya bisa diperbaiki. Contohnya membuat jalan di perumahan lebih tinggi. Usaha perbaikan inilah yang membuat pengembang atau penjual rumah kerap menjamin rumahnya bebas banjir.

Namun, bagaimana bila banjir yang datang tak bisa diprediksi dan murni karena cuaca alam yang buruk? Hal ini tentunya tak bisa diklaim menjadi kesalahan pengembang atau penjual rumah. Contohnya musim hujan tahun ini yang menenggelamkan sejumlah kawasan di Tanah Air. Mulai dari hunian biasa hingga yang mewah tak luput dari banjir.

BACA JUGA : 4 LANGKAH MENCEGAH RAYAP DI RUMAH

Curah hujan yang sangat tinggi dan terjadi berhari-hari tentu saja merugikan dan membuat stres. Tapi di sisi lain, curah hujan tinggi juga bisa menjadi berkah. Dengan kata lain, Anda bisa memanfaatkan air hujan yang berlimpah untuk sesuatu yang lebih berguna. Misalnya untuk air mandi, air minum atau keperluan sehari-hari lainnya.


Banyak cara memanfaatkan air hujan sendiri di rumah. Seperti membuat kolam tampung, sumur resapan atau lubang resapan biopori. Pembuatannya tentu membutuhkan biaya dan sejumlah material. Tapi hal ini lebih baik dilakukan saat musim kemarau atau mendekati musim hujan.

Jika sudah masuk musim hujan, maka direkomendasikan untuk memanen air hujan dengan tong. Siapkan saja sebuah tong besar atau beberapa untuk menampung air hujan yang turun. Lalu diamkan agar mengendap selama 3-7 hari. Setelah itu, Anda baru bisa menyulingnya dan digunakan untuk kebutuhan harian.

Cara mudah lainnya bisa menggunakan teknologi rainwater utilization system, teknologi yang membantu mengolah air hujan dalam beberapa tahap. Dari menampung air dalam tandon, dialirkan dengan pipa khusus, lalu disimpan di bak-bak sebelum digunakan.

Setiap tahapan umumnya dilengkapi filter untuk menjamin air hujan yang dimanfaatkan berkualitas. Kapasitas air hujan yang bisa ditampung tergantung pada curah hujan dan besarnya tong penampung.

Memiliki tong penampung atau memanen air hujan punya banyak manfaat. Satu di antaranya menghemat penggunaan air dari PDAM dan dana bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain atau ditabung. Jadi, seringnya hujan tak selalu merugikan. Ada sisi positif yang bisa dimanfaatkan untuk manusia itu sendiri.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta