Tingkatkan Wisatawan Tiongkok, Pemerintah Gandeng Baidu

Showbiz,

Berita Terkait:

Sebagai negara asal wisatawan terbesar di dunia, Tiongkok menjadi salah satu incaran Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk menarik mereka agar mau melakukan perjalanan ke Indonesia. Dari situ, Kemenpar kemudian bekerja sama dengan Baidu, mesin pencari nomor satu di Tiongkok yang memiliki 600 juta pengguna untuk melakukan edukasi.

Menurut data dari GfK (Gesellschaft für Konsumforschung), lembaga riset pasar terkemuka di Indonesia, sepanjang tahun 2015, Tiongkok menghasilkan lebih dari 100 juta orang wisatawan yang mengadakan perjalanan ke luar negeri.

Di sisi lain, Kementerian menargetkann 10 juta wisatawan Tiongkok di tahun 2019. Dengan merangkul Baidu, khususnya Baidu Travel yang menjadi referensi online utama rujukan wisatawan Tiongkok, Kementerian pun bisa melakukan edukasi tentang keelokan pariwisata Indonesia ke mata masyarakat Tiongkok, sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan Tiongkok ke Indonesia.

Pasalnya, minat wisatawan Tiongkok untuk mengunjungi Indonesia masih rendah, cuma sekitar 1,1 juta (tidak sampai 2 persen dari total wisatawan). Padahal, dari sisi jumlah wisatawan maupun jumlah transaksi belanja yang dilakukan selama kunjungan ke luar negeri, wisatawan Tiongkok masih menduduki peringkat teratas di dunia.

"Tingginya minat masyarakat Tiongkok untuk melakukan perjalanan ke luar negeri merupakan potensi besar yang harus digarap secara strategis agar target untuk dapat mendatangkan 10 juta wisatawan Tiongkok di tahun 2019 dapat tercapai atau bahkan terlampaui,” ujar Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, seperti informasi yang diterima oleh Rumahku.com.

Perhatian Kementerian terhadap informasi online pun didukung oleh data yang menunjukkan profil wisatawan Tiongkok, yakni berusia di bawah 45 tahun, dan 83 persennya menjadikan informasi berbasis internet sebagai salah satu referensi utama dalam menentukan destinasi wisata.

BACA JUGA : DINILAI TAK FUNGSIONAL, CHINA LARANG BANGUNAN UNIK DIDIRIKAN

Melalui kemitraan ini, Baidu juga akan berkontribusi dalam menyediakan serangkaian lokakarya. Tujuannya untuk mengedukasi para penyedia informasi dunia pariwisata Indonesia secara online, seperti biro perjalanan, pengelola destinasi wisata dan penyedia layanan penginapan atau perhotelan. 

Untuk bentuknya, lokakarya tersebut akan mengulas informasi berupa pemahaman tentang perilaku wisatawan Tiongkok dalam mencari informasi-informasi wisata menarik, serta gaya penyampaian yang diminati dan destinasi wisata apa saja yang menarik perhatian warga Tiongkok.

“Menyediakan informasi online yang informatif dengan gaya penyajian menarik sesuai dengan perspektif masyarakat Tiongkok merupakan salah satu kunci penting dalam memikat mereka untuk mengunjungi Indonesia. Sebab, mayoritas dari wisatawan Tiongkok akan menggunakan sumber-sumber informasi online sebagai referensi utama dalam menentukan destinasi yang hendak mereka kunjungi," tegas Bao Jianlei, Managing Director Baidu Indonesia.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!