Teliti Memilih Lahan Parkir Sebelum Membeli Apartemen

Oleh: 22 Nov 2016, 14:30 WIB | 2895 Pembaca
Foto: Ilustrasi

Apakah Anda tertarik untuk membeli apartemen atau rumah susun? Jika iya, jangan lupa melakukan pengecekan pada lahan parkirnya. Ini karena lahan parkir kerap jadi masalah tersendiri bagi penghuni hunian vertikal.

Dari sejumlah kasus, banyak konsumen yang mengeluh akan kurangnya area parkir di apartemen atau rumah susun. Masalah kecil yang tampaknya sepele, namun sangat berpengaruh pada kenyamanan tinggal.

Misalnya, antrean parkir yang cukup lama dan terjebak di basement parkir karena kondisi yang padat. Jadi, sebaiknya Anda melakukan pengecekan lahan parkir di apartemen incaran. Caranya dengan mengikuti sejumlah langkah berikut:

Mengetahui Rasio Parkir
Bagi pengembang, mendesain hunian vertikal dengan lahan parkir memadai merupakan sebuah dilema. Mulai dari persoalan ketersediaan lahan, pembengkakan harga jual, dan sebagainya. Itu mengapa, tidak semua apartemen didesain dengan ketersediaan lahan parkir ideal.

Untuk apartemen sebaiknya memiliki rasio parkir sekitar 1 : 1 dan untuk rumah susun setidaknya 1 : 10. Idealnya setiap unit hunian vertikal menyediakan satu spot area parkir. Kebutuhan parkir ini juga disesuaikan dengan luas unit yang tersedia. Contohnya:

  • > 150 m2 1 mobil / 1 unit hunian
  • 50 – 150 m2  1 mobil / 2 unit hunian
  • < 50 m2  1 mobil / 5 unit hunian

Standar luas lahan parkir untuk hunian vertikal ini termuat dalam aturan Dinas Penataan dan Pengawasan bangunan. Ratio pada bangunan parkir ditetapkan seluas 25 meter persegi untuk satu mobil.

Jadi, satu mobil minimum membutuhkan lahan 2,25 meter dan panjang 4,5 meter pada posisi tegak lurus. Untuk parkir sejajar minimum 2,25 meter dan panjang 6 meter.

BACA JUGA : 9 ELEMEN STANDAR UNTUK RUMAH IDEAL

Perhatikan Biaya Parkir
Pada beberapa hunian vertikal, fasilitas lahan parkir tidak bisa dinikmati secara gratisan. Sejumlah apartemen umumnya menetapkan biaya parkir yang dibayar bulanan. Biaya yang digunakan untuk membiayai sekuriti dan bentuk pengamanan lainnya.

Jadi, sebaiknya Anda bertanya tentang hal ini terlebih dahulu kepada pengembang. Apakah ada biaya tambahan untuk parkir dan berapa besarannya, dan sebagainya. Jika merasa keberatan, Anda sebaiknya mempertimbangkan apartemen lainnya, karena ongkos lahan parkir biasanya cukup memengaruhi pengeluaran bulanan Anda.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta