Sertifikat Tanah Hilang atau Rusak, Begini Solusinya

Oleh: 01 Mar 2016, 13:00 WIB | 1172 Pembaca
foto : ilustrasi

Banyak alasan kenapa sertifikat tanah bisa mengalami kerusakan atau hilang entah kemana. Meski sudah disimpan dengan baik, dokumen penting ini tetap saja bisa tertimpa sejumlah masalah. Misalnya rusak atau hilang karena bencana banjir, kebakaran dan masih banyak lagi.

Jika Anda mengalaminya, jangan panik dulu. Sertifikat yang rusak atau hilang, baik itu tanah maupun rumah bisa diganti. Hal yang perlu Anda lakukan ialah mengurusnya kembali ke kantor Badan Pertanahan nasional (BPN) setempat, di mana properti Anda tersebut telah terdaftar sebelumnya.

BACA JUGA : MENGENAL BEDANYA SERTIFIKAT, IMB DAN SPPT-PBB

Permohonan penggantian sertifikat baru ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1997 pasal 57 tentang pendaftaran tanah. Disebutkan bahwa atas permohonan pemegang hak atas tanah, sertifikat baru dapat diterbitkan sebagai pengganti sertifikat yang hilang.


Lalu bagaimana cara mengurusnya? Ada 3 tahapan yang perlu dipahami dan dilakukan. Di antaranya:

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta