Seperti Apa Bentuk Arsitektur Indonesia?

Arsitektur,

Berita Terkait:

Jika berbicara mengenai arsitektur lokal, yang terlintas di kepala kita tentulah rumah adat atau bangunan bersejarah. Bentuk uniknya yang menjadi simbol peradaban menjadi ciri bahwa budaya arsitektur kita memang seperti itu.

Namun seperti bahasa, arsitektur juga mengalami perkembangan. Masuknya kultur dan budaya luar membuat gaya dan bentuk bangunan kian berubah. Hanya saja, perubahan bentuk bangunan sudah terjadi sejak lama.

Sebagai contoh adalah candi yang merupakan serapan budaya Hindu-Budha, atau bangunan peninggalan penjajah seperti Portugis dan Belanda yang juga diadaptasi dari negara asalnya. Tapi apakah itu termasuk bentuk arsitektur Indonesia?

BACA JUGA : Perkembangan Arsitektur Indonesia dari Masa ke Masa

Menanggapi hal tersebut, Ahmad Djuhara selaku Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) memberi tanggapan bahwa itu juga termasuk bentuk arsitektur Indonesia.

"Bisa dikatakan bahwa segala bentuk bangunan yang dibuat di Indonesia dan untuk kepentingan orang Indonesia itu termasuk arsitektur Indonesia. Meski tidak bisa dikatakan itu resmi bangunan asal Indonesia," ucapnya kepada tim Rumahku.com.

Dari pernyataan tersebut, kita bisa memberi kesimpulan bahwa semua bangunan yang berdiri di tanah Indonesia merupakan arsitektur Indonesia. Tapi apakah itu adalah asli bangunan lokal? Belum tentu. Simak pembahasannya berikut ini!

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!