Selain IMB, Bangunan Juga Penting Memiliki IPB dan KMB

Oleh: 13 Jun 2016, 10:00 WIB | 1338 Pembaca
foto : flickr/Ceejay Brand

Anda pasti sudah tak asing dengan IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Surat legal yang harus dimiliki seseorang yang ingin mendirikan, menambah, mengurangi, atau mengubah bangunan sesuai dengan yang dikehendaki. Namun, tahukah Anda bangunan yang memiliki IMB juga penting mengantongi IPB (Izin Penggunaan Bangunan) dan KMB (Kelayakan Menggunakan Bangunan)?

Ketiganya merupakan satu kesatuan yang berkaitan dengan legalitas kepemilikan hunian dan menghindari sengketa yang mungkin terjadi di kemudian hari. Untuk mendapatkannya ada prosedur yang harus dilewati karena tidak bisa diurus sekaligus, alias tahap demi tahap.

BACA JUGA : 3 Kesalahan yang Tidak Disadari Saat Beli Rumah


Jadi, ketika Anda hendak mendirikan bangunan dibutuhkan IMB untuk legalitasnya. Namun, IMB yang diperoleh hanya berfungsi sebatas merombak dan membangun bangunan, tidak menempatinya. Bila bangunan sudah jadi dan berniat menempatinya untuk tempat tinggal atau tempat usaha, maka Anda harus mengurus IPB terlebih dahulu. Ketika bangunan telah memiliki IPB, maka harus juga memiliki KMB.

Pengurusan ketiga dokumen penting tersebut juga telah diatur dalam undang-undang. Jika Anda masih bingung tentang ketiganya, simak ulasan berikut ini:

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta