Rumah Terang Tanpa Lampu dengan Teknologi Skylight

18 Jun 2014, 10:46 WIB | 2389 Pembaca
Foto: Ilustrasi

Sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan penyelamatan lingkungan hidup, banyak orang yang kini mulai mengurangi penggunaan lampu di siang hari. Mereka lebih memilih menggunakan sumber penerangan lain seperti sinar matahari.  Membuka pintu atau menggunakan jendela berukuran besar agar sinar matahari yang masuk dapat menjangkau seluruh bagian dalam rumah adalah beberapa hal yang dapat dilakukan. 

Selain pintu dan jendela, sinar matahari bisa menyinari bagian dalam rumah dengan menggunakan skylight. Skylight adalah teknologi atap transparan. Dengan menggunakan skylight, sinar matahari lebih bebas menjelajahi bagian dalam rumah.

Skylight memiliki fungsi sebagai jalur masuk sinar matahari serta dapat dijadikan jalur sirkulasi udara. Fungsi skylight hampir menyerupai jendela, hanya saja posisinya berada di atap. Pada siang hari Anda dapat menerima sinar matahari dan pada malam hari Anda bisa menikmati pemandangan langit malam bertaburan bintang.

Sumber: http://www.remals.com/

Bagian transparan dari skylight dibuat dari berbagai pilihan material seperti plastik, kaca, fiber dan sebagainya. Pemilihan material dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan desain dari rumah itu sendiri. Skylight dapat ditempatkan dimana saja seperti pada ruang keluarga atau ruang tamu.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin membuat skylight:

  • Usahakan meletakkan skylight dengan kemiringan 2-3 derajat agar air atau kotoran tidak menumpuk di kaca.
     
  • Tambahkan lapisan kaca film untuk mencegah sinar matahari masuk terlalu banyak ke dalam rumah yang malahan akan meningkatkan suhu ruangan.
     
  • Konsultasikan material penopang skylight pada ahlinya karena material penopang bergantung pada material skylight. Misalkan skylight terbuat dari akrilik, maka material penopang yang tepat adalah alumunium hollow.
     
  • Perhatikan penempatan skylight untuk mencegah bagian dalam rumah terlihat dengan mudah oleh orang asing sehingga privasi penghuni rumah tetap terjaga.

    Sumber: www.onekindesign.com

     
  • Perawatan skylight berbeda-beda tergantung dari materialnya. Skylight yang menggunakan kaca dapat dibersihkan dengan air biasa, tapi pada skylight yang menggunakan akrilik harus dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih khusus.

 

 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijualsewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga, GRATIS di Rumahku.com! 

 

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta