Rumah Anti Kebakaran

Konstruksi,

Berita Terkait:

Setiap orang ingin tinggal di lingkungan yang aman dan bebas dari bahaya. Namun tidak bisa dipungkiri jika bencana dapat datang kapan saja. Bahkan kebanyakan bencana hadir karena keteledoran dan ketidaktelitian seperti kebakaran. 

Saat ini kebakaran kerap terjadi terutama di daerah yang padat penduduk. Sebagai pemilik rumah, ada baiknya Anda mencari tahu cara dalam mencegah kebakaran di rumah. Pencegahan kebakaran juga dapat menghindarkan cidera dan korban jiwa yang tidak diinginkan. 

 

Tips mencegah kebakaran

Ratusan orang meninggal akibat kebakaran setiap tahunnya di Indonesia. Kebanyakan terjadi karena menghirup uap akibat kebakaran. Hal ini sebenarnya dapat dicegah. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah kebakaran yang dapat Anda aplikasikan di rumah. 

  • Jangan mencolokkan terlalu banyak perangkat ke sumber listrik
  • Pastikan barang-barang yang mudah terbakar tidak terlalu dekat dengan heater atau kompor dan tempat nyala api.
  • Jangan merokok di atas kasur atau perabot yang berisi seperti kasur atau sofa, dan matikan rokok sebelum membuangnya ke asbak
  • Jangan menggunakan colokan atau terminal listrik yang sudah rusak
  • Ajarkan pada anak-anak tentang bahaya bermain api
  • Belilah alarm asap dan tabung pemadam kebakaran untuk setiap lantai di rumah Anda.

 

Buat Rencana Evakuasi Darurat

Apabila kebakaran memang telah terjadi, tak ada yang dapat dicegah kecuali dengan membuat rencana evakuasi darurat. Hal ini adalah untuk mencegah kebakaran di rumah menimbulkan lebih banyak korban materi dan jiwa.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda coba sebagai rencana evakuasi. Jangan lupa untuk mempraktikkannya sesekali agar semua anggota keluarga mengetahui dengan baik.

  • Buat rencana evakuasi dan pintu keluar alternatif. Kemungkinan pintu utama sudah termakan api sehingga Anda harus menemukan jalur lain. Buat jendela di kamar atau ruang lain memiliki ukuran yang cukup agar Anda dan anggota keluarga lain dapat keluar.
     
  • Jika kebakaran telah terjadi jangan berhenti untuk melakukan apa pun, segera selamatkan diri dan keluarga secepat mungkin.
     
  • Jangan buka pintu yang terasa hangat dari dalam karena kemungkinan merupakan ruangan yang terbakar. Jika terlanjur segera tutup untuk meminimalisasi uap dan api yang menjalar.