PU Kembangkan Rumah Dengan Teknologi Inovatif

Berita Properti,

Berita Terkait:

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mengembangkan rumah murah dengan teknologi inovatif untuk mewujudkan tempat tinggal yang murah dan terjangkau, Selain bangunan yang memiliki daya tahan lebih lama dan pembangunannya yang lebih cepat, juga sebagai upaya memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.
 
"Jenis rumah itu adalah Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dan Rumah Kayu Instan (RIKA), keduanya dapat dibangun hanya dalam waktu tujuh hari," jelas Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman (Puskim) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Anita Firmanti seperti dikutip dalam situs resmi Kementerian PU, (18/12). 
 
Anita mengatakan saat ini Puskim memasukkan teknologi perumahan yang reliable melalui teknologi cepat, baik dan rumah “Sudah tahap deliver, diseminasI, kami bangun rumah contoh lalu kerja sama dengan Pemerintah Daerah, APERSI dan Perumnas.
 
Konstruksi rumah RISHA yang berbasis beton bertulang dan RIKA yang berbasis kayu olahan laminasi dan berlapis ini memiliki keunggulan masing-masing dan ramah lingkungan.Tipe kedua rumah tersebut sudah dikembangkan sejak tahun 2012 tersebut, telah dibangun di beberapa daerah di Indonesia seperti sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara.
 
“Untuk tipe 36, kami kembangkan dengan harga sebesar Rp 50 juta, dengan target bagi masyarakat berpenghasilan rendah, “Di Sumut, rumah contoh tersebut ada di kawasan Perumahan Martubung sebanyak 10 unit, 5 unit RIKA dan 5 unit RISHA,” tuturnya.
 
Ditargetkan pada 2014 mendatang kedua jenis rumah ini akan dibangun di seluruh kota di Indonesia. Hingga saat ini, terdapat 67 perusahaan aplikator yang mengembangkan kedua rumah jenis tersebut.