Poin Dasar yang Harus Ada Pada Desain Taman Publik

Oleh: 17 Jul 2016, 10:00 WIB | 1001 Pembaca
Foto: Flickr/captainkimo

Sebagai tempat untuk melepas penat dari sibuknya rutinitas perkotaan, Ruang Terbuka Hijau (RTH) seperti taman publik memang sesuatu yang wajib ada. Tidak hanya sekadar ada, tapi juga harus diperhatikan dari sisi desain beserta fasilitasnya.

Untuk itu, pemerintah kemudian mengeluarkan Undang Undang (UU) Nomor 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang yang menyatakan bahwa pada wilayah kota, setidaknya harus ada 30 persen RTH dengan pembagian 20 persen ruang terbuka publik dan 10 persen ruang terbuka privat.

BACA JUGA : Mengenal Arsitektur Lanskap

Keberadaan ruang atau taman publik memang makin meningkat berkat kepedulian masyarakat tentang global warming. Dari situ, berbagai pertanyaan pun mulai muncul khususnya terkait tentang apa desain taman publik yang seharusnya? Lantas, apakah di Indonesia, taman publik yang ada sudah sesuai dengan kaidah-kaidah yang ditetapkan?


Kendati beberapa taman dibuat sesuai dengan fungsinya masing-masing, namun tetap saja, ada beberapa poin dasar yang wajib ada pada desain ruang publik. Di antaranya:

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, DKI Jakarta