Pertama Kali Mengontrak Rumah, Anda Perlu Cermati Ini

Tinggal di rumah kontrakan memang menjadi pilihan yang lebih praktis untuk sebagian besar orang. Mengontrak rumah akan lebih menghemat biaya perawatan, selain itu Anda juga dapat berpindah lokasi kapan saja yang Anda ingin.  

Meski demikian, Anda harus jeli untuk memiliki rumah kontrakan yang pas agar tidak dirugikan. Bila tinggal di rumah sewaan merupakan pengalaman pertama untuk Anda, Anda harus mencermati beberapa tips berikut ini:

Biaya yang dapat dibayar 

Sebelum mencari rumah sewa, Anda harus mengetahui berapa biaya yang harus Anda bayarkan setiap bulan.  

Biaya sewa rumah Anda tidak boleh lebih dari 35 persen dari gaji Anda. Jadi, jika pendapatan Anda perbulan sebesar Rp10 juta, berarti biaya sewa tidak boleh lebih dari Rp3 juta per bulan. 

BACA JUGA : HINDARI AGEN PROPERTI DENGAN SIKAP INI

Meminta bantuan dari agen properti

Anda dapat menemukan rumah sewa yang berasal dari para agen. Bantuan agen ini bisa Anda pilh jika Anda belum memahami kota atau lokasi baru yang ingin Anda tinggali. Minta agen properti mencari lokasi yang sesuai dengan harapan Anda. Biasanya sang agen akan memberikan Anda pilihan-pilihan properti yang terbaik. 

Pertimbangkan faktor-faktor lain 

Saat melakukan survei, pertimbangkan hal-hal seperti kebersihan rumah, jarak rumah dengan tempat Anda bekerja hingga seperti apa kondisi tetangga yang tinggal di dekat rumah Anda.  Sebelum melakukan pembayaran, jangan langsung memutuskan untuk membeli.  

Surat perjanjian

Biasanya, rumah kontrakan memiliki surat perjanjian. Di dalam surat perjanjian tersebut akan dibubuhkan beberapa peraturan untuk kedua belah pihak. Pelajari seperti apa peraturan yang tercantum di dalamnya.

Baca dengan perlahan kemudian pahami setiap kata yang tertera di dalamnya. Poin-poin yang harus Anda perhatikan bisa seperti pemberitahuan tanggal sewa, kenaikan biaya sewa hingga biaya pindah.

Segera survei langsung 

Saat menemukan rumah via foto gambar di iklan internet, jangan langsung percaya. Lebih baik Anda datang dan mengecek secara langsung terlebih dahulu. Anda harus melihat rumah secara langsung agar mengetahui kondisi bangunan yang sesungguhnya. Jangan sampai Anda terlalu yakin hanya dengan foto kemudian langsung melakukan pembayaran. 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!