Perkembangan 'Smart Home' di Indonesia Saat Ini dan yang Akan Datang

Oleh: 27 Jan 2016, 11:30 WIB | 2607 Pembaca
foto : pinterest

Para perusahaan pengembang elektronik dan teknologi di dunia saat ini semakin gencar memperkenalkan konsep rumah pintar yang bisa memudahkan kehidupan manusia untuk mengontrol rumahnya kapanpun dan di manapun.

Hal tersebut terlihat dari pameran teknologi internasional Consumer Electronic Show (CES) 2016 yang digelar pada awal tahun 2016 di Las Vegas, Amerika Serikat yang menunjukan bagaimana dunia telah berubah menjadi lebih praktis dan penggunaan internet telah menjangkau berbagai sektor, termasuk di dalam rumah.

Banyak perusahaan yang memamerkan teknologi smart home pada para pengunjung yang datang. Berbagai produk smart home dari perusahaan elektronik raksasa kelas dunia hampir menguasai seluruh isi pameran bergengsi ini.

Sebut saja Panasonic, LG dan Samsung, semuanya bersaing untuk menarik perhatian konsumen dari berbagai kalangan. Tak sedikit yang menawarkan perangkat yang bisa dikendalikan secara jarak jauh hanya melalui smartphone.

BACA JUGA : MANFAAT DAN RISIKO MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SMART HOME

Sedangkan untuk Indonesia sendiri, pergerakan teknologi smart home saat ini masih lambat jika dibandingkan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Australia.
Namun menurut CEO dari Home Automation Indonesia, Ganda Osay, ketinggalan Indonesia dalam penggunaan smart home tidak akan berlangsung lama. Mungkin sekitar 5-10 tahun mendatang smart home sudah dilirik di berbagai daerah di Indonesia.

“Saat ini smart home di Indonesia baru mulai booming dan penggunanya masih dari kalangan elit. Namun seiring banyaknya pengguna internet, pengguna smart home akan semakin bertambah,” terang Ganda Osay kepada Rumahku.com.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta