Panduan Mengurus Balik Nama Sertifikat Tanah

Oleh: 15 Mar 2016, 11:30 WIB | 13503 Pembaca
foto : dok. Rumahku.com

Ketika Anda membeli tanah dari penjual atau yang sudah ada pemiliknya sebelumnya, maka otomatis sertifikat atas tanah tersebut masih tertulis atas nama pemilik aslinya. Namun karena telah membeli tanah tersebut dari penjual yang merupakan pemilik aslinya dan merasa berhak atas tanah yang sudah dibeli, Anda ingin sertifikat tanah tersebut ditulis atas nama Anda.

Jika keinginan Anda sudah seperti itu, maka selanjutnya segera lakukan balik nama di kantor pertanahan yang ada di wilayah Anda.

BACA JUGA : PLUS MINUS JUAL RUMAH SENDIRI ATAU LEWAT BROKER

Melakukan balik nama sertifikat tanah bisa dilakukan dengan dua cara, yakni dilakukan sendiri tanpa bantuan ahli atau menggunakan jasa Petugas Pembuat Akta Tanah (PPAT).


Berikut ini panduan yang bisa Anda jadikan referensi dalam mengurus balik nama sertifikat tanah, baik itu melalui PPAT ataupun dilakukan secara mandiri.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, DKI Jakarta