Merawat Talenan Kayu

Dapur,

Berita Terkait:

Salah satu alat dapur yang sering digunakan adalah talenan. Talenan dapat ditemui dengan bahan plastik dan kayu.

Talenan kayu lebih aman digunakan dibandingkan dengan talenan plastik karena talenan plastik mudah tergores dan terbawa dalam makanan. Namun dalam hal perawatannya, talenan kayu lebih sulit karena sifatnya yang mudah menyerap air dan mudah lembab. Talenan kayu yang dibiarkan lembab akan memancing tumbuhnya jamur dan bakteri.

Merawat talenan tak sekedar mencuci dan mengeringkannya. Anda perlu cara jitu lainnya untuk membuat talenan kayu Anda awet dan terbebas dari kuman. Sebagai langkah perawatan talenan kayu, Anda bisa melakukan tips berikut:

  • Selalu cuci talenan kayu dengan bersih setelah digunakan. Gunakan sabun kemudian bilas di bawah air yang mengalir dan pastikan sabun sudah hilang dari talenan.
     
  • Tuangkan cuka secukupnya pada talenan kayu lalu diamkan untuk beberapa menit dan cuci. Cuka berfungsi sebagai disinfektan alami dan menghilangkan aroma makanan yang tertinggal pada talenan.

    sumber : lifehacker.com

     
  • Selain cuka, garam juga berfungsi sebagai disinfektan. Cukup gosokkan garam pada talenan, kemudian diamkan beberapa saat sebelum direndam dalam air panas. Setelah itu jemurlah talenan menggunakan sinar matahari hingga kering.
     
  • Pastikan talenan kayu disimpan dalam keadaan kering di tempat yang tidak lembab.
     
  • Talenan yang tidak digunakan dalam waktu lama, sebaiknya dibungkus rapat menggunakan plastik.

    Sumber: food52.com

 

 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijualsewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga, GRATIS di Rumahku.com!