Menikmati Tinggal di Rumah yang Telah Lama Kosong

Rumah merupakan kebutuhan yang harus dimiliki. Sayangnya, harga rumah dari tahun ke tahun semakin mahal, akibatnya banyak orang yang kesulitan melakukan pembelian rumah ini.  

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memiliki rumah ialah dengan membeli rumah second yang lebih murah. Jika rumah yang Anda beli baru saja ditinggalkan oleh pemilik, tentu sangat beruntung. Namun, bagaimana bila rumah tersebut sudah lama ditinggal oleh sang pemilik?  

Meninggali rumah yang sudah lama tidak dihuni pasti tidak senyaman yang biasanya. Saat tiba di rumah, jangan langsung bersantai, tapi lakukan beberapa hal ini agar Anda nyaman berada di rumah baru. 

Bersihkan sebelum pindah 

Bila Anda sudah memiliki kunci rumah, Anda bisa membersihkan rumah terlebih dahulu sebelum acara pindah. Jadi, saat acara pindah Anda hanya perlu menempatkan barang-barang di rumah tersebut. Usahakan membersihkan rumah sendiri. Jangan menggunakan jasa pembersihan karena jasa pembersihan bisa saja membersihkan rumah tidak secara sempurna.

BACA JUGA : NGANTUK SAAT BEKERJA, GUNAKAN MEJA KANTOR INI

Gunakan jasa ahli bangunan

Saat pembersihan dilakukan, Anda juga bisa menggunakan jasa ahli bangunan untuk memeriksa seperti apa kondisi rumah. Pastikan tidak terdapat atap yang bocor, kran yang menyala dan tidak ada saluran air tersumbat.  Jika terdapat hal tersebut. Minta ahli bangunan untuk merapikannya, termasuk mengganti warna dinding yang sudah usang.

Buka jendela rumah

Rumah yang ditinggal pemiliknya cukup lama biasanya akan lembab dan beraroma kurang sedap. Anda bisa membuka seluruh jendela rumah selama beberapa saat, biarkan sinar matahari dan udara segar masuk ke ruangan. Tambahkan pengharum ruangan agar nantinya kondisi rumah menjadi nyaman. 

Rapikan halaman

Jangan mengabaikan kerapian halaman rumah. Halaman yang sudah lama tidak dibersihkan akan memiliki risiko yang besar seperti mendatangkan ular dan hama yang lain. Sehingga, saat Anda bersih-bersih rumah, jangan lupa untuk merapikan halaman. Potong rumput dan semak-semak yang sudah terlalu tinggi. 

Cuci tirai penutup jendela

Jika sang pemilik rumah meninggalkan tirai jendela, jangan lupa mencuci tirai jendela tersebut. Biasanya tirai jendela menjadi sarang berkumpulnya debu. 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!