Mengenal Tanah Ulayat dan Status Kepemilikannya

Oleh: 04 Agu 2016, 11:30 WIB | 703 Pembaca
foto : dok. Rumahku.com

Tanah ulayat merupakan suatu bidang tanah yang di atasnya terdapat hak ulayat dari masyarakat hukum adat. Hak ulayat adalah serangkaian wewenang dan kewajiban suatu masyarakat hukum adat yang berkaitan dengan tanah yang ada di lingkup wilayahnya.

Mengenai hak ulayat telah diatur dalam UU No 5. Tahun 1960 atau Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) yang berbunyi:

“Pelaksanaan hak ulayat dan hak-hak yang serupa itu dari masyarakat-masyarakat hukum adat, sepanjang menurut kenyataannya masih ada, harus sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kepentingan nasional dan negara, yang berdasarkan atas persatuan bangsa serta tidak boleh bertentangan dengan undang-undang dan peraturan-peraturan lain yang lebih tinggi.”

BACA JUGA : Cara Mencari Lokasi Rumah Subsidi


Sesuai dengan pasal tersebut, tanah ulayat yang menurut kenyataannya masih ada di suatu daerah tertentu tidak bisa dialihkan kepemilikannya menjadi hak milik. Keberadaannya bisa dibuktikan dengan masih adanya masyarakat hukum adat yang bersangkutan atau kepala adat.

Namun kasusnya akan berbeda jika tanah ulayat sudah menjadi tanah negara dikarenakan sudah tidak dimiliki lagi haknya oleh masyarakat hukum adat. Tanah yang sudah berstatus tanah negara bisa diubah menjadi milik perseorangan.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta