Mengenal Seluk Beluk Tanah Wakaf

Konsultasi,

Berita Terkait:

Anda pastinya pernah atau cukup sering mendengar tentang tanah wakaf. Orang yang memberikan tanah wakaf atau mendapatkan tanah wakaf. Pertanyaannya, tahukah Anda apa yang disebut tanah wakaf? 

Bila merujuk pada makna kata, wakaf memiliki banyak arti. Penjabaran dan definisinya telah banyak disampaikan oleh para ahli agama dan juga pemerintah. Satu di antaranya seperti mazhab Syafi'i yang mengartikan wakaf sebagai tindakan menahan harta benda untuk bisa dimanfaatkan di segala bidang kemaslahatan dan bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

BACA JUGA : CARA JITU MEMILIH BANK YANG TEPAT UNTUK KPR

Sementara itu menurut Undang-Undang No 41 tahun 2004, wakaf adalah perbuatan hukum wakif (pihak yang mewakafkan harta benda miliknya) untuk dimanfaatkan selamanya, atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya. Hal ini dilakukan guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariat.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa wakaf adalah salah satu jenis pemberian yang hanya boleh diambil manfaatnya dan dengan kondisi benda harus tetap utuh. Untuk itu benda yang diwakafkan harus tidak habis dipakai dan tak bisa dipindahkan, seperti tanah.

Lalu, apa itu wakaf tanah? Lebih jelasnya simak ulasan berikut ini:

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!