Mengenal Material Talenan

10 Sep 2014, 13:50 WIB | 2839 Pembaca
Foto : Ilustrasi

Talenan adalah salah satu peralatan dapur yang wajib ada di setiap dapur. Talenan berfungsi sebagai alas untuk memotong bahan makanan, mulai dari daging, bawang, sayur, atau buah. Selain menjaga kebersihannya agar tidak membahayakan bahan makanan yang dipotong, Anda juga harus mempertimbangkan material talenan.

Biasanya material yang banyak digunakan untuk membuat talenan adalah kayu, plastik dan bambu. Masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk itu kami akan jelaskan perbandingan dari ketiga material tersebut agar Anda dapat memilih talenan yang tepat.

  • Talenan Plastik

    Sumber: chinaplasticproducts


    Talenan berbahan plastik disukai banyak orang karena praktis dan bobotnya yang ringan sehingga mudah dipindahkan. Sayangnya, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa permukaan talenan plastik lebih banyak memiliki kuman dibandingkan talenan kayu.

    Permukaan talenan plastik juga rentan dengan goresan pisau sehingga muncullah goresan-goresan bekas pisau tersebut. Makanan yang dipotong juga beresiko untuk tercampur dengan serpihan plastik yang tergores pisau.

     
  • Talenan Bambu

    Sumber: jmxbamboo


    Talenan bambu terbilang aman karena materialnya tidak membutuhkan bahan kimia untuk tumbuh dan berkembang. Untuk kebersihannya, belum ada penelitian yang menganalisa kebersihan bambu.

    Namun, dapat dipastikan bahwa bambu menyerap lebih sedikit cairan dibandingkan dengan talenan kayu. Sifat bambu yang keras membuat permukaannya tidak mudah tergores pisau.

     
  • Talenan Kayu

    Sumber: boyswithbanjos


    Talenan kayu tidak akan mudah tergores seperti talenan plastik. Dengan perawatan yang baik dan benar, talenan kayu akan bertahan selama bertahun-tahun.

    Namun yang perlu Anda perhatikan saat memilih talenan kayu adalah material kayu yang digunakan. Hal ini mengingat ada beberapa talenan yang dibuat menggunakan kayu sisa.

 

 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijualsewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga, GRATIS di Rumahku.com! 

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta