Mengenal Konsep Pembangunan 'Passive Design' dan 'Active Design'

Arsitektur,

Berita Terkait:

Dalam beberapa tahun belakangan ini, ramai dibicarakan mengenai pembangunan ramah lingkungan. Konsep global yang juga sedang dicoba diterapkan di Indonesia. Konsep yang seolah-olah sifatnya baru, padahal sudah lama dikembangkan oleh nenek moyang sejak dahulu.

Ya, bila ditelisik lebih dalam, masyarakat dahulu sudah menerapkan konsep green building. Pembangunan hunian tinggal dan gedung yang didasarkan pada keseimbangan antara alam, lingkungan sekitar, dan kebutuhan manusia. Contohnya, rumah-rumah adat atau rumah tradisional yang masih berdiri hingga saat ini.

Seiring berjalannya waktu, terjadi peningkatan jumlah penduduk. Lonjakan yang tidak seimbang dengan ketersediaan lahan untuk kawasan pemukiman. Fenomena ini begitu jelas terlihat di perkotaan. Banyak bangunan dibangun secara asal, tanpa memperhatikan iklim dan kondisi lingkungan di Tanah Air.

Mirisnya, keterbatasan lahan dan tingginya permintaan yang tidak imbang ini juga membuat rumah dan bangunan yang dibangun terpaksa harus berhimpitan. Hasilnya, tentu saja bangunan yang rawan bencana, meski desainnya indah.

Kawasan perumahan jadi mudah banjir, bangunan sangat panas dan harus membuang banyak energi untuk menggunakan pendingin ruangan, dan sebagainya. Semua hal ini tentu berujung pada pemanasan global dan segala dampaknya.

Untuk menanggulangi persoalan ini, segala upaya telah dilakukan. Mulai dari penerapan pembangunan ramah lingkungan, penggunaan konsep smart city, dan sebagainya. Namun, menurut Steve J Manahampi, Ketua IAI Jakarta, green building secara umum berkilblat pada dua desain, yakni active design dan passive design.

Active design, biasanya berbicara tentang teknologi hemat energi dan perkembangannya yang didorong oleh industri. Sedangkan passive design, berangkat dari kearifan dan keberlanjutan. Tidak melulu bergantung pada teknologi dan sudah dipakai sejak lama dalam arsitektur vernakular.

Dari dua konsep tersebut, mana yang lebih cocok untuk pembangunan di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini!

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!