Mengenal Konsep 'Green Building'

Oleh: 04 Apr 2016, 11:30 WIB | 752 Pembaca
Foto: Flickr/trevorklatko

Meski sudah diterapkan sejak lama, konsep green building baru marak diperbincangkan. Khususnya di Indonesia terutama di kota-kota besar seperti Jabodetabek.

Kini
banyak pihak mulai memerhatikan bangunan dengan konsep 'green' atau ramah lingkungan. Bahkan, Pemerintah Daerah DKI memberi syarat wajib 'green' pada bangunan yang sudah ada minimal dalam kurun waktu 5 tahun dari sekarang. 

Pemahaman tentankonsep ramah lingkungan sebenarnya sudah pernah dipaparkan pada film 'An Inconvenient Truth' yang memberi pemahaman pada publik terkait kondisi bumi yang semakin tua. Rilis pada tahun 2006, film tersebut menjelaskan tentang seberapa besar panas bumi yang dihasilkan oleh radiasi matahari. Sehingga, fungsi ozon yang awalnya mempertahankan panas bumi malah menjadi perangkap bagi panas itu sendiri dan menciptakan suhu ekstrim yang luar biasa.

BACA JUGA : 3 LANGKAH HEMAT ENERGI DI RUMAH

Beragam akibat pun bisa dipikirkan dari kejadian itu, mulai dari es di kutub meleleh, menaikan permukaan laut, beberapa pulau tenggelam, perbedaan suhu antara daratan (panas) dan lautan (dingin) yang bisa menciptakan badai Huricane, hingga mengakibatkan perbedaan kadar hujan - satu daerah hujan deras yang lain tidak - satu wilayah longsong dan banjir yang lain kekeringan.

Dari situ, gaya bangunan ramah lingkungan pun mulai banyak diterapkan. Hanya saja, masih ada beberapa pihak yang masih salah kaprah mengenai konsep green building yang sebenarnya.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, DKI Jakarta