Mengenal Jasa Notaris dan PPAT dalam Proses Jual Beli Properti

Oleh: 19 Apr 2016, 13:00 WIB | 3939 Pembaca
foto: Ilustrasi

Ketika hendak menjual atau membeli suatu produk properti (rumah, apartemen, ruko, tanah, dan lain-lain), kita pastinya sangat membutuhkan jasa notaris dan PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah). Memakai jasa mereka hukumnya wajib karena mereka memiliki kewenangan mengurus dokumen dan legalitas transaksi.

Contohnya dalam setiap pengurusan sertifikat hingga transaksi, selalu tercantum syarat yang melibatkan notaris atau PPAT. Bantuan mereka bukan hanya membantu mempermudah proses, tapi juga menjamin keamanannya.

BACA JUGA : CATAT! BIAYA PENGURUSAN SERTIFIKAT TANAH YANG SEBENARNYA

Namun, bagi mereka yang masih awam, biasanya akan bingung ketika hendak mengurus ke notaris atau PPAT. Hal ini lumrah, karena nama notaris dan PPAT sering ditemukan penggabungan. Bahkan tak jarang kita menemukan kantor notaris/PPAT dalam satu tempat.


Pertanyaannya, mana yang lebih baik dan lebih murah? Mengurus dokumen penting terkait properti ke notaris atau PPAT. Untuk memperjelas hal ini, coba simak ulasan berikut ini:

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta