Mengenal Hari Toilet Sedunia 19 November

Tahukah Anda jika hari ini adalah Hari Toilet Sedunia? Hari Toilet Sedunia atau World Toilet Day (WTD) merupakan sebuah kampanye untuk memberi motivasi dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya sanitasi.

World Toilet Organization merupakan penggagas utama yang membentuk program ini pada tahun 2001. Dua tahun kemudian, PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) menandatangani penetapan Hari Toilet Sedunia sebagai hari internasional PBB.

Tujuan PBB meresmikannya guna meningkatkan kesadaran orang-orang di dunia yang tidak memiliki akses ke toilet karena setiap manusia di dunia memiliki hak mendapatkan air bersih dan sanitasi yang sehat.
 

BACA JUGA : KESALAHAN RENOVASI KAMAR MANDI YANG PALING SERING TERJADI
 

Air yang tidak bersih dan buruknya sanitasi menyebabkan sebanyak 58 persen kasus diare. Selain itu, kebiasaan yang jorok juga menjadi penyebab kasus tersebut semakin parah.

Pada tahun 2015, diperkirakan terdapat sebanyak 2,4 miliar kurang orang memiliki akses ke fasilitas sanitasi yang baik. Namun, kurang dari 1 miliar penduduk masih buang air besar di tempat yang terbuka.

Tema yang diangkat oleh PBB untuk memperingati Hari Toilet Sedunia pada tahun 2016 ini adalah "Toilet and Jobs" yang berfokus pada sanitasi, kekurangannya dan dampaknya pada kehidupan.

Dalam program ini sanitasi adalah prioritas utama. Tujuan pengembangan berkelanjutan yang diluncurkan pada tahun 2015 ini, menyasar agar orang-orang mendapatkan akses yang layak ke toilet pada tahun 2030.

Data yang diperoleh dari hasil pengamatan WAS-Hwatch pada tahun 2016 menemukan, penyakit diare yang menyebabkan sebanyak 315 ribu anak-anak meninggal setiap tahunnya, hal ini dikarenakan jeleknya sanitasi dan kualitas air yang buruk.

Meski masih banyak yang belum menyadari, toilet memiliki peranan yang penting untuk mendukung kekuatan ekonomi suatu negara. Kebersihan toilet dapat meningkatkan kesehatan dan menjaga orang-orang tetap aman, terutama para wanita dan anak-anak perempuan.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!