Memperbaiki Gagang Pintu Rumah

Konsultasi,

Berita Terkait:

Semua barang buatan manusia memang lambat laun akan rusak terlebih karena sering dipakai atau karena sebab yang lainnya. Salah satu barang di rumah yang bisa rusak karena pemakaian yang sering adalah handle pintu. 

 

Jika handle pintu atau gagang pintu rumah rusak karena patah, mengelem handle pintu bukanlah solusi terbaik karena masih cukup berisiko patah kembali. Tidak perlu khawatir ganti saja handle pintu Anda yang rusak dengan handle pintu yang baru.

Harga 
handle pintu baru pun relatif murah, biasanya dijual mulai dari harga 100 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah. Namun, jika ingin lebih hemat Anda bisa juga memilih handle pintu yang bekas tapi masih layak pakai dan bisa berfungsi.

 

 

Anda sebenarnya dapat memperbaiki gagang pintu tanpa perlu menghabiskan banyak biaya. Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti obeng, palu, pahat kayu dan kaca mata pelindung. Lalu bagaimana tahapan atau langkah-langkah memperbaikinya? Coba simak penjelasan tahap-tahap memperbaiki handle pintu berikut.
 

 

Tahapan Memperbaiki Gagang Pintu

Siapkan semua bahan dan peralatan yang sudah disebutkan di atas. Setelah semua bahan dan peralatan sudah siap, Anda bisa memulai tahapan memperbaiki gagang pintu yang rusak. Ikuti beberapa tahapan langkah berikut:

  1. Cobalah untuk melepaskan dua buah sekrup yang ada di permukaan samping gagang pintu lama. Anda bisa melepaskan masing-masing sekrup dengan menggunakan obeng.
     
  2. Lanjutkan dengan melepas sekrup di permukaan gagang. Anda akan mendapati gagang terasa longgar di kedua sisi, jadi pastikan Anda memegang sisi yang lain dan copotlah gagang yang sudah terlepas secara perlahan.
     
  3. Lanjutkan dengan menekan pelat kunci ke arah luar sampai terlepas dari lubang pintu.
     
  4. Secara perlahan putar sekrup pada pelat yang ada di kusen pintu dan lepaskan pelat dari kusennya.
     
  5. Lakukan pengukuran ulang untuk mengukur kecocokan pelat gagang pintu baru. Cek lagi apakah ukurannya sudah pas atau belum. Jika ukurannya terlalu sempit, cobalah untuk memperlebar ranganya dengan menggunakan pahat kayu dan juga palu.
     
  6. Tekan perlahan pelat kunci baru ke lubang pintu. Cek apakan sudah rata dengan permukaan kayu atau belum. Jika memang belum rata, maka ratakan sampai pintu bisa tertutup secara sempurna.
     
  7. Lanjutkan dengan memasang sekrup kembali pada pelat menggunakan obeng.
     
  8. Pasang gagang pintu baru ke dalam lubang pintu lalu pasang kembali sekrup pada sisi gagang yang sudah terpasang.
     
  9. Cek kembali gagang yang belum disekrup agar tidak didapati adanya kesalahan dalam pergerakan gagang pintu yang baru.
     
  10. Akhiri dengan memasang pelat yang menempel di kusen sesudahnya. Lakukan tes atau uji coba dengan membuka dan menutup pintu Anda beberapa kali, dan gagang pintu Anda dapat kembali digunakan.