Memilih Agen Properti yang Tepat

04 Jun 2014, 16:18 WIB | 616 Pembaca
Foto : Ilustrasi

Jangan sembarangan memilih agen properti jika tidak ingin mengalami kesulitan di kemudian hari. Bagi Anda yang ingin membeli atau menjual rumah, menggunakan jasa agen properti adalah salah satu pilihan terbaik, karena Anda akan ditangani oleh ahlinya. Namun tidak semua agen properti memiliki itikad baik, salah-salah Anda bisa jadi korban penipuan jika tidak berhati-hati. 

 

sumber : kolomrumah.com

Untuk itu, berikut ini kami berikan beberapa langkah untuk memilih agen properti yang baik sehingga Anda bisa menentukan agen properti mana yang cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda:

  • Memilih Agen Properti yang Terdaftar di AREBI
    Pemilihan agen properti yang terdaftar di AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia) adalah salah satu solusinya. Atau jika pun tidak terdaftar di sini, agen properti bersangkutan haruslah memiliki lisensi, agar agen properti yang Anda pilih dapat mempertanggungjawabkan permasalahan yang mungkin muncul di kemudian hari.

    Agen properti profesional biasanya memiliki jaringan pemasaran yang luas, sehingga peluang terjualnya objek properti atau rumah Anda juga akan menjadi cukup besar. Memilih agen properti juga tidak akan menguras energi dan waktu karena pekerjaan ini telah dikerjakan oleh agen properti. Jika terjadi permasalahan hukum di kemudian hari, agen properti dapat dimintai pertanggungjawabannya.

    Dari sini, pastikan juga jika agen properti yang Anda pilih mempunyai kantor yang resmi sehingga keberadaannya masih dapat dilacak atau dideteksi jika terjadi suatu masalah nantinya.
     
  • Memilih Agen Properti yang Memiliki Program Promosi yang Jelas
    Jangan dulu tergiur dengan promosi yang ditawarkan oleh si agen properti, bisa jadi banyak ketentuan yang tersirat dalam setiap promosi tersebut. Tanyakan secara teliti, bagaimana promosi tersebut berjalan tanpa ada penjelasan yang terkesan disembunyi-sembunyikan.
     
  • Cermati Setiap Perjanjian dengan Agen Properti
    Dalam setiap perjanjian tertulis yang biasanya dibuat oleh agen properti dengan Anda, pasti menuangkan poin mengenai hak dan kewajiban masing-masing pihak. Dalam hal ini, perhatikan dengan seksama perjanjian tersebut.

    Pastikan jika perjanjian yang ada tidak akan merugikan Anda di kemudian hari, misalnya seperti agen properti lepas tanggung jawab setelah proses yang disepakati selesai. Bila perlu, konsultasikan dengan ahli hukum jika terdapat keraguan yang besar yang membingungkan dalam perjanjian.

     

sumber : pt-sakura.com

 

 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijualsewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga,GRATIS di Rumahku.com!

 

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta