Membersihkan Perabotan Pasca Banjir

03 Apr 2014, 23:52 WIB | 210 Pembaca
Foto : ilustrasi

Menjadi korban bencana banjir memang sangat merepotkan, bukan hanya pada saat banjir datang merendam rumah, keadaan pasca banjir akan jauh lebih melelahkan dan merepotkan. Rrumah akan menjadi penuh lumpur dan sisa genangan air, lantai dan dinding rumah menjadi kotor, dan timbul bau yang tidak sedap karena tumpukan barang bawaan banjir yang mungkin tergenang di sekiar rumah Anda.

Hal ini tentu membuat Anda harus segera membersihkan lantai dan lingkungan sekitar rumah Anda serta membersihkan perabot pasca banjir.  Hal ini untuk mencegah kuman, bakteri dan jamur berkembang biak dan membuat peralatan dan furnitur  yang terkena banjir dapat digunakan kembali. Bagaimana cara melakukannya?

  • Saat memulai membersihkan rumah dan perabotnya ada baiknya bila Anda menggunakan alas kaki, sarung tangan dan masker. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit ISPA, kulit, pernafasan dan pencernaan yang lazimnya mengikuti bencana banjir.
  • Gunakanlah cairan pembersih lantai atau disinfektan untuk membersihkan lantai dan dinding. Jangan lupa bukalah pintu dan jendela rumah Anda agar sirkulasi udara lancar
  • Gunakan sekop dan penyemprotan air untuk membersihkan lumpur diseluruh bagian rumah.
  • Rendamlah dalam larutan klorin selama 10-15 menit seluruh perabot rumah yang terbuat dari gelas kaca, piring porselin, wadah atau tempat plastic. Sedangkan untuk panci jangan direndam dengan klorin karena akan menimbulkan reaksi kimia pada logam. Cukup direndam dengan air panas selama 10-15 menit, setelah itu keringkan semua perabot tersebut.
  • Untuk perabot yang menyerap air seperti kursi sofa dan spring bed sebaiknya memanggil ahli yang profesional, agar dapat lebih efektif dan tuntas perbaikan dan kebersihakannya.
  • Untuk peralatan elektronik sebaiknya juga membawanya di tempat service yang tejamin dan profesional.

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta