Marak Kantor Agen Properti Asing, SIU-P4 Jadi Upaya Lindungi Pendapatan Negara

Oleh: 28 Nov 2016, 13:00 WIB | 2332 Pembaca
Foto: dok. Rumahku.com

Pemerintah berencana agar kedepannya masalah pajak bisa kembali diperketat, terutama pendapatan yang sudah diterima melalui tax amnesty. Tidak hanya untuk individu, pajak perusahaan kantor agen properti juga diperhatikan lewat penegasan SIU-P4 (Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti).

Pasalnya, di beberapa kota besar, khususnya Bali terdapat banyak kantor agen properti yang berasal dari luar negeri. Dengan menjual properti asing di Indonesia, mereka melakukan transaksi di tanah air tanpa meributkan soal pajak penjualan yang masuk ke kas negara.

BACA JUGA : PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR INDONESIA TERNYATA BUTUH USD 400 MILIAR

"Di Bali, ada banyak kantor agen properti yang berasal dari luar negeri. Mereka menjual properti asing dan dari marketing asing di Indonesia, tapi transaksinya langsung mengucur ke negaranya tanpa permisi (red. pajak)," ucap Paulus Kusumo, Ketua Bidang Training dan Pendidikan DPP Arebi kepada Rumahku.com.

Pendaftaran dan pendataan SIU-P4 kemudian akan menjadi database untuk melihat jumlah perusahaan kantor agen properti yang ada di Indonesia berserta potensi pajak yang didapatkan. 

Selain pajak, surat izin ini juga merupakan upaya untuk melakukan proteksi terhadap kantor broker agar perusahaan asing tidak mudah masuk. Jika ingin masuk, setidaknya ada beberapa langkah administratif yang harus dipenuhi.

SIU-P4 sendiri tak berbeda dengan SIUP lama, hanya saja, ini lebih terfokus pada kantor agen atau perusahaan perantara perdagangan properti. Jika sudah memiliki SIUP lama, pemilik bisnis bisa langsung mengajukannya. SIU-P4 sendiri wajib diperpanjang per 5 tahun sekali.

"Sebenarnya ini sudah diberlakukan sejak 4 - 5 tahun lalu, tapi pelaksanaannya ada sedikit kendala. Sekarang kendala tersebut sudah berhasil ditanggulangi dan berdasarkan informasi kami, kini sudah ada sekitar 200 SIU-P4 yang sudah dikeluarkan," tukas Paulus. 

Tertuang pada Permendag no. 33 thn 2008, pria yang juga menjabat sebagai Manager Sertifikasi di LSP BPI ini juga mengatakan, kedepannya bakal ada beberapa tindakan yang langsung diambil oleh pemerintah jika ada beberapa pihak yang melanggar, mulai dari teguran hingga pencabutan izin operasional.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta