Manfaat Membuat Jalan Setapak

Taman & Kolam Ikan,

Berita Terkait:

Pada umumnya rumah yang memiliki lahan lebih untuk taman, pasti memiliki jalan setapak. Jalan setapak berfungsi untuk menjaga tanaman terutama rumput rusak akibat kaki-kaki yang melintas di taman dan berperan untuk mempercantik suasana taman.

Selain untuk estetika taman, jalan setapak berfungsi untuk mengurangi cipratan air hujan yang berdampak pada tembok rumah menjadi kotor. Agar berfungsi dengan baik, buatlah jalan setapak tepat di bawah jatuhnya air hujan.

Proses pembuatan jalan setapak harus didasari dengan perencanaan yang matang mulai dari peletakkan, pemilihan bentuk, gaya hingga material jalan setapak itu sendiri. Ukuran jalan setapak juga bergantung pada luas taman. 

Jika desain taman Anda adalah tropis atau tradisional, maka buatlah jalan setapak yang mempunyai banyak lekukan. Tujuan dari bentuk tersebut adalah untuk menimbulkan kesan yang non-formal. Untuk taman seperti ini, material jalan setapak yang cocok adalah batu-batuan alam seperti kerikil, batu tempol dan batu kali. Bentuk jalan setapak seperti ini memang tidak banyak. Hanya berkisar pada bentuk kotak, bulat, oval, dan pentagon.

Tak perlu bingung menentukan jenis batu. Sebagian besar bahan baku atau batu siap pakai untuk jalan setapak ini mudah ditemui sehingga Anda tidak perlu repot mencarinya. Anda hanya perlu kreativitas untuk menata batu-batu tersebut agar sedap dipandang mata.

Jalan setapak sendiri memiliki dua model, yaitu menyambung dan terpisah. Jalan setapak yang menyambung lebih memudahkan Anda untuk berkreasi menentukan motif, karena motif akan terlihat jelas di permukaan yang besar.

Jalan setapak yang terpisah akan memudahkan Anda untuk menata batu-batu tersebut. Apabila lanskap taman berubah, tidak perlu mengubah banyak letak batu-batu tersebut. Perawatan jalan setapak terpisah ini juga relatif mudah. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jarak peletakkan batu-batunya agar penghuni rumah dapat melangkah dengan nyaman.