Langkah-Langkah Memperbaiki Bel Rumah yang Rusak

Tips & Panduan,

Berita Terkait:

Keberadaan bel rumah tidak terlalu dibutuhkan. Namun jika ada, maka akan lebih baik untuk memudahkan tamu saat mengunjungi rumah Anda. Selain itu, ciri khas dari bunyi bel juga membuat penghuni lebih cepat tanggap membukaan pintu untuk tamu.

Tapi sayangnya, bel rumah ini termasuk produk yang mudah rusak. Misalnya, suaranya tidak berhenti berbunyi karena tombolnya tersangkut, dan bel tidak bersuara.

Jika dibiarkan, bel tersebut lama-lama tidak berfungsi dan harus membeli baru jika ingin menggantinya. Untuk itu, perawatan dan perhatian pada tombol rumah juga diperlukan.

Bila bel mengalami kerusakan, segera lakukan langkah-langkah perbaikan agar tak semakin parah. Khususnya untuk Anda yang memiliki rumah besar dan sangat membutuhkan adanya bel rumah.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Suara-Suara Aneh di Rumah

Banyak cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki bel rumah. Satu di antaranya seperti langkah-langkah berikut ini:

  • Jika bel rumah tidak berbunyi. Cek kabelnya dan pastikan terhubung pada terminal di unit bel. Periksa sambungannya dan bersihkan dengan amplas halus atau pembersih sambungan listrik. Selain itu, periksa juga pistonnya, karena hal ini bisa juga disebabkan kondisi yang sudah usang. Sebaiknya Anda tidak memberikan minyak pada bel karena bisa merusak komponen pistonnya.
  • Bila langkah di atas masih belum membuahkan hasil, coba cek apakah ada kabel yang putus. Jika ya, kupas pembungkus dari ujung kabel yang terputus, kemudian sambungkan dengan kabel yang sesuai.
  • Selain itu, cek arus listrik yang terhubung ke sistem. Coba periksa trafonya, karena dikhawatirkan ada suatu bagian yang terbakar. Sebelum itu, pastikan aliran listrik dimatikan sementara. Kemudian, cek semua kabel yang saling berhubungan dan aman untuk trafo, bel, hingga tombolnya.
  • Perbaiki tombolnya. Tombol adalah bagian utama bel yang bergerak pada sistem dan paling mudah rusak. Jadi, jika tombol macet, segera lepaskan sekrup pada tombol. Kemudian perlahan tarik tombol keluar dengan hati-hati.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!