Konsep Kota Pintar Masih Belum Digunakan dengan Pintar

Oleh: 27 Nov 2016, 08:30 WIB | 1646 Pembaca
Foto: flickr/romaurei

Beberapa daerah di Indonesia kerap menerapkan kawasan pintar, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Mulai dari memberikan jaringan internet secara gratis, pembangunan command center, hingga aplikasi pelaporan berbasis online seperti Clue.  

Tujuannya tentu saja untuk membuat sebuah tatanan kota yang lebih efektif, sehingga menciptakan keamanan, kenyamanan, serta produktivitas yang lebih baik bagi masyarakat di kawasan tersebut. 

Namun, satu hal yang masih menjadi persoalan. Faktanya, konsep kota pintar masih belum digunakan secara pintar. Alhasil, seperti menyalakan AC di ruang terbuka bisa saja dilakukan.

BACA JUGA : HUNIAN THE LINQ KEMAYORAN MULAI RP5,6 JUTA

Farid Subkhan, Founder & CEO Citiasia Inc kemudian menegaskan bahwa masyarakat Indonesia masih memiliki masalah soal kesiapan. Menurutnya, masih banyak pihak yang belum siap dengan konsep smart city dan perlu lebih banyak edukasi lagi. 

"Misalnya deh, e-KTP, itu kan teknologi yang canggih, tapi penggunaannya tidak efektif. Sebagai contoh, masih banyak yang melakukan fotokopi KTP. Padahal di e-KTP itu kan ada chip nya, tinggal ditap, semua data bakal ke-detect semua," ucapnya memberi gambaran.

Tidak hanya itu, Farid juga mengatakan bahwa mental masyarakat Indonesia masih butuh yang namanya pembenahan. Dari ponsel pintar dan media sosial saja, menurutnya masih banyak pihak yang menggunakan media tersebut untuk menebar gosip maupun fitnah.

"Itu baru dari sisi readiness, belum dari infrastruktur yang harus lebih matang, struktur (keadaan wilayah) nya yang juga lebih kompleks, serta superstruktur (birokrasi/peraturan) yang juga harus mendukung penggunan teknologi, semua itu harus berkesinambungan," tukasnya.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta