Keunggulan Bambu untuk Konstruksi Rumah

Konstruksi,

Berita Terkait:

Tak hanya perpaduan batu bata dan semen saja yang bisa mengokohkan bangunan rumah Anda, material lain seperti bambu pun cocok digunakan pada konstruksi bangunan. Penggunaan bambu pada rumah di Indonesia sudah dilakukan sejak lama. Berbeda dengan kayu biasa, bambu memiliki ketahanan yang kuat dalam segala cuaca. 

Bambu sangat mudah ditemukan di Indonesia, bahkan kini sudah banyak yang memiliki kebun khusus untuk merawat bambu. Bambu termasuk ke dalam jenis rumput liar, keberadaannya sekarang sudah jarang digunakan, kini lebih banyak digunakan untuk pembuatan kursi atau meja, padahal bambu ini dapat menjadi bahan yang tahan lama dan tahan gempa.

Jika Anda berkunjung ke Bali, Anda akan menemukan empat rumah unik yang terbuat dari Bambu. Jika penggunaannya tepat, material bambu dapat menjadi rumah yang memiliki bentuk luar biasa. 

Batang bambu memiliki kekuatan tarik yang tinggi dibandingkan kekuatan tarik baja mutu sedang. Ketahanan bambu ini terbukti pada saat bom Hiroshima dijatuhkan Perang Dunia II silam, bambu adalah satu-satunya jenis tanaman yang masih hidup. 

BACA JUGA : 5 INSPIRASI DESAIN KAMAR MANDI MEWAH

Sementara itu d
i Indonesia, material ini mudah ditemukan dan harganya tergolong murah karena peminatnya yang berkurang. Materialnya ringan dan mudah dibentuk. Selain itu, bangunan rumah yang terbuat dari kayu bambu sangat unik dan memiliki estetika yang tinggi. 

Bambu tergolong tumbuhan yang dapat tumbuh dengan cepat. Tumbuhan ini dapat tumbuh vertikal sepanjang 5 cm per jam, atau 120 cm per hari. Bambu terbaik pun bisa didapatkan hanya dalam jangka waktu 3-5 tahun.  

Namun perlu diperhatikan, jika tidak dirawat dengan baik bambu rentan dengan serangan kumbang bubuk dan jamur. Agar dapat bertahan lama, isi seluruh pori-pori bambu dengan konsentrat garam dan asam yang telah teruji keampuhannya.

Selain itu kekurangan lain yang dimiliki bambu yakni jarak ruas dan diameter yang tidak sama dari bagian ujung hingga pangkalnya, sehingga agak sulit ketika pertama kali membentuknya.

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!