Kemungkinan yang Timbul Sebagai Penyebab Kebakaran Pada Hunian Mewah

Oleh: 01 Des 2016, 08:30 WIB | 2816 Pembaca
Foto: dok. Rumahku.com

Musibah datang tanpa diduga, baik itu bencana alam ataupun bencana lokal seperti kebakaran. Tapi bagaimana jika kebakaran terjadi pada hunian mewah yang seharusnya sudah tersistem dengan baik untuk menanggulangi bencana?

Berbeda dengan bencana alam yang terjadi karena faktor alamiah, kebakaran biasanya terjadi karena dua faktor, pertama adalah keteledoran si pemilik (penghuni), dan yang kedua adalah korsleting listrik (arus pendek).

Menanggapi insiden kebakaran yang terjadi pada hunian mewah belakangan ini, Direktur PT PP Konstruksi Tbk, Bambang Riyanto coba memberi sedikit tanggapan.

"Harus dilihat dulu, apa penyebab kebakarannya. Tapi setidaknya harus ada dua poin untuk meminimalisir itu," ucapnya kepada Rumahku.com. 

Pertama, menurut Bambang, pengembang harus memastikan keamanan instalasi listriknya, maka dibutuhkan kontraktor terpercaya untuk membangun.

BACA JUGA : 4 HAL YANG HARUS ADA PADA KONSEP SMARTCITY

Kedua adalah soal Standar Operasional Prosedur (SOP). Menurutnya ini sangat penting, dan jangan sekali-kali mengoperasikan bangunan jika hal ini belum dicek. Dalam hal ini sangat dibutuhkan jasa profesional.

"Ada yang namanya SLF, atau Sertifikat Layak Fungsi. Ini harus dicek terlebih dahulu sebelum ditempati," jelasnya.

Jika sudah terjadi kebakaran, maka yang pertama dilakukan adalah mengklaim asuransi. Karena umumnya, hunian mewah tentu sudah diasuransikan. Agar kejadian tersebut tidak terulang kembali, maka seluruh jaringan harus dicek kembali sebelum melakukan pembangunan ulang.

PP sendiri mengatakan sudah memiliki order book di atas Rp300 triliun untuk 280 proyek lebih sepanjang tahun 2017, dengan pangsa terbesar adalah proyek infrastruktur dan disusul oleh apartemen.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta