Kapan Indonesia Mengalami 'Bubble' Properti?

Berita Properti,

Berita Terkait:

Tahun 2015 dan 2016, Indonesia memang mengalami pelemahan ekonomi makro, dan itu juga berimbas pada laju sektor properti skala nasional. Hanya saja, itu bukan bubble properti, tapi hanya sebuah siklus naik-turun.

"Seperti halnya dengan bisnis, properti juga memiliki siklusnya, dan sekarang merupakan siklus terendah di sektor properti. Tentu saja 2017 nanti properti akan mulai naik, karena sekarang sudah di titik terendahnya," kata Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) kepada Rumahku.com.

Belum lagi ditambah dengan berbagai stimulus yang telah digulirkan oleh pemerintah, salah satunya adalah kebijakan tax amnesty. Hanya saja, kekhawatiran akan bubble properti masih menjadi momok yang kurang bersahabat bagi para pelaku bisnis terkait. 

Seperti halnya dengan gelembung, bubble properti berarti keadaan di mana harga properti terus membengkak yang disebabkan oleh jumlah permintaan dan spekulasi. Hingga akhirnya masyarakat tak bisa lagi menyerap dan harga pun jatuh secara drastis.

Ada dua penyebab dasar bubble properti. Pertama adalah harga yang sudah terlalu tinggi, dan yang kedua tentang jumlah permintaan yang tak lagi banyak.

BACA JUGA : Kiat Sukses Investasi Properti untuk Pemula

Berbicara mengenai harga, harga properti di Indonesia masih jauh lebih rendah ketimbang negara lain. Jika dibandingkan dengan Filipina misalnya, harga rumah terendahnya mencapai USD 24.793 (sekitar Rp300 jutaan). Sementara Indonesia cuma USD 8.371 (sekitar Rp 100 jutaan).

Sementara untuk jumlah permintaannya, backlog Indonesia masih mencapai 13 juta dengan pertambahan sekitar 200 ribu hingga 300 ribu unit per tahun. 

"Masihkah akan bubble? Kalau kata saya sih masih sangat lama. Apalagi Indonesia juga sangat diminati oleh Warga Negara Asing, yang ada harga masih akan terus naik. Kecuali kalau angka pertumbuhan penduduknya ditekan, itu lain lagi," tukas Lilly Tjahnadi selaku Property Business Consultant.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!