Jenis-Jenis Kayu untuk Membuat Gazebo

Pilihan untuk menambahkan gazebo di area sekitar rumah memang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Selain digunakan sebagai tempat bersantai, gazebo juga dapat menampilkan nilai artistik lebih untuk sebuah hunian. Dalam pembangunannya, Anda wajib memperhatikan material apa saja yang akan digunakan untuk membuat gazebo milik Anda agar tahan terhadap cuaca.

Banyak material yang sebenarnya dapat digunakan untuk membangun sebuah gazebo. Misalnya adalah seperti material bambu, kaca, besi hingga gazebo dengan material batu. Namun kali ini, Rumahku akan memberikan rekomendasi pembangunan gazebo dengan menggunakan material kayu.

Simak informasi berikut ini untuk jenis-jenis kayu yang dapat digunakan untuk membangun sebuah gazebo:

  • Kayu Jati



    Saat pertama kali mendengar material kayu, mungkin yang terbersit dalam pikiran Anda adalah kayu jati. Kayu jati memang sering menjadi primadona kebanyakan orang dalam membangun sesuatu karena jenis kayu ini mempunyai banyak kelebihan seperti tahan panas dan air, dan lebih kuat dibandingkan kayu lainnya. 


    Jika Anda tertarik untuk menggunakan jenis kayu jati ini, Anda harus merogoh kocek lebih dalam dibandingkan dengan menggunakan kayu jenis lainnya.
     
  • Kayu Merbau



    Keunggulan utama dari jenis kayu merbau adalah terbukti tahan dengan serangga. Selain itu, jenis kayu merbau juga kuat, stabil dan tahan lama, bahkan kualitasnya sudah hampir sama dengan kayu jati. Jenis kayu ini sangat cocok untuk dipakai di negara-negara tropis seperti Indonesia.

     
  • Kayu Kelapa



    Hampir sama dengan dua jenis kayu lainnya, jenis kayu kelapa ini juga tahan dengan perubahan cuaca yang mendadak seperti panas dan hujan. Sayangnya, dari segi kualitas masih berada di bawah kayu jati maupun kayu merbau.

     
  • Kayu Sonokeling
    Ciri utama dari kayu jenis ini adalah serat indah berwarna keunguan dengan gurat hitam, atau hitam keunguan. Sifat jenis kayu sonokeling cukup kuat dan awet sehingga dapat digunakan untuk membangun bangunan di luar ruangan. Namun kesulitan penggunaan kayu jenis ini sendiri adalah karena sudah sulit ditemukan dijual di pasaran.
  • Kayu Trembesi
    Jika ingin mendapatkan harga kayu dengan harga terjangkau, kayu trembesi bertekstur ini bisa jadi pilihan untuk Anda agar dapat menciptakan keindahan yang lebih baik lagi pada gazebo di rumah Anda.

 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijualsewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga, GRATIS di Rumahku.com!