Inspirasi Bale Bengong, Gazebo Ala Bali

Bersantai tidak harus didalam rumah. Di luar rumah pun tak kalah menyenangkan. Terutama jika kita menghadirkan gazebo yang merupakan salah satu elemen keras sebuah taman. Adapun yang dimaksud dengan elemen keras ini yaitu karakter sebuah taman yang terlihat lebih kuat. Saat inipun hampir di beberapa negara mengenal gazebo. Sejak ribuan tahun lalu, gazebo sudah banyak dibangun. Diantaranya di Cina dan juga Jepang. Pada saat itu, gazebo digunakan sebagai tempat untuk minum teh. Bahkan itupula yang memunculkan kesan teahouse akan hadirnya sebuah gazebo ditaman rumah.

Bagaimana dengan bentuk gazebo? Lingkaran, segi empat, atau bahkan segi enam. Penyebutan nama gazebo pun berbeda-beda disetiap negara dan daerah. Di Bali sendiri terdapat bangunan yang mirip dengan bentuk gazebo namun dikenal dengan istilah Bale Bengong. Karena sudah teradaptasi dengan daerah Bali, Bale Bengong ini menjadi bagian dari gaya arsitektur Bali. Tentunya Bale Bengong bersifat permanen yang juga berfungsi sebagai ruang informal, tempat bersantai, dan beristirahat sambil menghirup udara segar serta melihat taman disekeliling. Dari dulu hingga kini, Bale Bengong digunakan sebagai tempat untuk mengeringkan atau meletakan hasil panen seperti padi sebelum masuk ke lumbung padi saat musim panen tiba.

Struktur utama dari Bale Bengong sebenarnya adalah rumah kecil terbuka dan dibangun diarea yang juga terbuka atau dalam hal ini di lahan taman. Letaknya yang terpisah dari bangunan rumah induk, menjadikan Bale Bengong tampak kian indah. Struktur utamanya juga terletak pada kolom yang mendukung bagian atapnya. Jumlah tiang yang terbuat dari kayu umumnya berjumlah 4, namun adapula yang lebih (hal ini tergantung dari ukuran bangunan). Alang-alang dan bahan sirap merupakan bahan yang biasa dijadikan atapnya.  Bagian lantai Bale Bengong biasanya dibuat 30 cm – 60 cm lebih tinggi dari tanah. Hal inilah yang menjadi cirri Bale Bengong. Dulunya, ketinggian ini mempunyai fungsi sendiri, yaitu agar ketika bersantai duduk di lantai Bale Bengong, kita tak terganggu binatang yang mendekati Anda. Bagaimana tertarik dengan Bale Bengong ini?

 

 

Sumber foto : Berbagai sumber