Ini Syarat Pengajuan SIU-P4

Oleh: 29 Nov 2016, 08:30 WIB | 4282 Pembaca
Foto: flickr/loriwilson

SIU-P4 atau Surat Izin Usaha Perantara Perdagangan Properti tengah digodok untuk mendata jumlah perusahaan agen properti berserta potensi pajak yang akan dihasilkannya. Meski sudah dicanangkan selama 5 tahun, namun tidak semua kantor broker memilikinya.  

Hanya saja, Paulus Kusumo selaku Ketua Bidang Training dan Pendidikan DPP Arebi mengatakan kepada Rumahku.com bahwa tahun ini, SIU-P4 akan benar-benar digalakan.

"Cukup satu surat izin untuk satu perusahaan yang berbadan hukum. Mengenai syaratnya, tak berbeda jauh dengan mengajukan SIUP biasa, hanya ditambah dengan keberadaan tim (broker) ahli yang sudah tersertifikasi LSP broker minimal 2 orang," ujarnya di Kantor RayWhite Citra 6, Kamis (24/11) lalu.

BACA JUGA : BPN SEDIAKAN SERTIFIKASI GRATIS 2017

Ia melanjutkan bahwa tak ada biaya dalam pengajuan surat izin ini, pelaku usaha hanya perlu menyertakan beberapa berkas yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Formulir SPSIU-P4 (Surat Permohonan Surat Izin Usaha Perantara Perdagangan Properti)
2. Fotokopi akta notaris pendirian perusahaan
3. Fotokopi surat pengesahan badan hukum dari Departemen Hukum dan HAM
4. Daftar tenaga ahli; paling sedikit 2 orang untuk kantor pusat (waralaba) dan paling sedikit 1 orang untuk kantor cabang (waralaba lanjutan).
5. Fotokopi KTP dan pas foto (4 x 6) pemilik, pengurus, atau penanggung jawab perusahaan sebanyak 2 lembar.

Daftar tenaga ahli yang diajukan harus dilengkapi pula dengan:

1. Surat pernyataan sebagai tenaga (broker) ahli yang sudah tersertifikasi LSP broker
2. Fotokopi sertifikat profesi
3. CV 
4. Fotokopi KTP

Untuk saat ini, pengajuan SIU-P4 masih melakukan sistem manual, namun ke depannya, ia mengatakan bahwa pengajuan surat izin tersebut akan bisa dilakukan secara online.

"Ekspektasi kami sama dengan keinginan pemerintah, yakni Desember 2016 sudah bisa jalan. Nantinya jika online sudah berjalan, pengajuan hanya tinggal mengirim berkas yang sudah di scan, file berbentuk jpeg atau pdf bisa langsung dikirim. Approval sudah bisa didapat dalam 2 hari, karena tidak ada pertemuan tatap muka," jelasnya. 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta