Ini Dia Ciri Fasad Rumah Bergaya Mediterania

Eksterior,

Berita Terkait:

Selain mengenal beragam jenis dan gaya desain rumah seperti desain rumah minimalis dan kontemporer, kini yang tak kalah menarik untuk diulas adalah desain fasad rumah bergaya khas Mediterania. Gaya Mediterania ini sebenarnya berasal dari Amerika Serikat dimana menggabungkan nuansa ala Italia, hingga di jaman colonial Spanyol. Namun tak perlu jauh ke benua Eropa dan Amerika, kini di Indonesia rumah dengan gaya mediterania kian banyak pula di temukan.

Ciri khas desain rumah Mediterania terletak pada detil dekoratif serta penggunaan warna-warna alami untuk dinding bangunan. Selain itu, rumah berkonsep Mediterania biasanya menggunakan warna-warna terang hangat seperti kuning, oranye, krem, dan terakota. Pada gaya Mediterania, memiliki teknik pengecatan yang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan rumah pada umumnya karena menghasilkan warna cat dengan tingkat ketebalan dan kepekatan yang tidak merata.

rumah mediterania

Rumah Mediterania bisa diaplikasikan pada rumah dengan segala ukuran. Bahkan untuk rumah tinggal beriklim tropis semisal Indonesia, desain rumah Mediterania juga sangat cocok diaplikasikan. Desain rumah Mediterania juga memiliki banyak sekali ciri seperti ukiran atau ornamen khas Mediterania yang ditampilkan pada tepian dinding, bingkai jendela, bingkai pintu, tiang-tiang pilar di rumah, dan bahkan pembatas tangga, balkon, dan pagar.

Gaya desain rumah mediterania berasal dari wilayah sepanjang pesisir lautan Mediterania yang beriklim subtropis. Atena, Barcelona, Beirut, Yerusalem, Madrid, Marseille dan Roma merupakan deretan kota yang terdapat di wilayah ini. Ciri iklim di area ini adalah musim panas yang hangat hingga panas dan kering, dan musim dingin yang basah.

rumah mediterania

Hal ini dikarenakan wilayahnya yang berada dekat dengan Laut Mediterania, sehingga diperlukan gaya rumah yang dapat memberikan suasana sejuk di musim panas namun bisa menciptakan suasana hangat di musim dingin.

Mediterania sebenarnya adalah sebuah gaya hunian yang terinspirasi dari rumah-rumah yang terletak di daerah-daerah beriklim tropis atau cenderung hangat. Jangan salah, yang dimaksud dengan rumah bergaya mediterania tidak selalu berarti rumah yang berada di dekat Laut Mediterania atau Laut Tengah. Di Indonesia pun juga bisa diaplikasikan. Tertarik?

Cari rumah dijual sampai cari rumah murah? atau mau pasang iklan jual rumah gratis?  Semua hadir hanya di Rumahku.com