Ingin Asuransikan Rumah? Perhatikan Hal Ini

Konsultasi,

Berita Terkait:

Rumah merupakan investasi terbesar untuk seseorang. Investasi rumah bukan hanya mencakup bangunan namun perabotan bahkan tanahnya. 

Bagi sebagian kecil orang, asuransi rumah belum terlalu menjadi prioritas. Ketika rumah dibeli dengan cara kredit, rumah akan dilindungi ddengan menggunakan asuransi. Namun saat sudah lunas, biasanya si pemilik rumah cenderung mengabaikan asuransi yang mereka miliki.  

BACA JUGA : 4 HAL YANG HARUS ADA PADA SMARTCITY

Padahal, jika kita tidak menggunakan asuransi rumah, tidak akan ada yang dapat menjamin rumah dari berbagai macam risiko mulai dari pencurian, kebakaran bahkan kebanjiran. Asuransi ini dilakukan sebagai upaya pencegahan.

Asuransi rumah sebenarnya berguna untuk mengalihkan kerugian finansial atau risiko pada penyedia asuransi. Oleh sebab itu, tidak perlu berfikir ulang untuk mengasuransikan hunian Anda. Namun, untuk memulai asuransi ini, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan seperti mencari tahu detail informasi mengenai asuransi rumah, antara lain: 

  • Risiko yang dapat ditanggung asuransi
    Asuransi bekerja seperti perlindungan dengan cara penggantian kerugian yang Anda alami. Ganti rugi ini mulai dari perbaikan sebagian hingga perbaikan secara menyeluruh.  

    Untuk asuransi rumah dasar biasanya cakupannya seperti ledakan, kepulan asap, sambaran petir, hingga kejatuhan pesawat terbang.  


    Bila Anda membeli rumah dengan cara kredit, Anda dapat memperpanjang  asuransi setelah kredit lunas dan memberikan tambahan jaminan seperti banjir, pencurian hingga tanah longsor. Namun, Anda harus melihat apa saja proteksi yang tidak ditanggung oleh asuransi, Anda juga harus memperhatikan karena penyedia asuransi biasanya akan  melihat seperti apa bentuk bangunan rumah yang diasuransikan.
     
  • Langkah yang harus dilakukan 
    Hal yang harus Anda lakukan pertama kali ialah melakukan riset secara menyeluruh pada rumah. Pelajari rumah Anda secara mendetail hingga jumlah pertanggungan yang nantinya Anda terima dari pihak asuransi. 

    Setelah itu Anda dapat menghitung berapa nilai rumah Anda, jangan lupa menghitung keuntungan yang akan Anda peroleh dari polis asuransi, biasanya perusahaan asuransi akan memberikan potongan harga bila Anda membeli beberapa polis secara sekaligus.

     
  • Pilih asuransi 
    Untuk memilih perusahaan asuransi, cari perusahaan yang kredibel dan sudah terbukti bertanggung jawab, perhatikan perjanjian tertulis mengenai kerusakan yang ditanggung oleh pihak asuransi.

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!