Indonesia Hadapi Masalah Air Bersih, Apa Solusinya?

Oleh: 22 Mar 2016, 13:00 WIB | 1237 Pembaca
foto : flickr/jeniarto

Tahun ini tepat 23 tahun Hari Air Sedunia (World Water Day) diperingati. Hari penting yang kembali mengingatkan betapa pentingnya air bagi kehidupan manusia. Hari bersejarah untuk memperbaharui tekad memelihara air dan tanah yang jadi bagian penting dari bumi.

Kita semua tentu tahu bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa air. Kekurangan cairan dalam tubuh bisa berakibat fatal pada kematian. Masalahnya, jumlah air bersih di dunia tak mampu mencukupi kebutuhan seluruh manusia di bumi. Ditambah lagi dengan minimnya kesadaran manusia dalam pengelolaan sumber air berkelanjutan.

Contohnya di Indonesia yang memiliki populasi penduduk lebih dari 250 juta jiwa. Sering diberitakan jika sejumlah kawasan mengalami kesulitan ketersediaan air bersih. Tak sedikit dari mereka terancam krisis air, penyakit menular, hingga kematian dini. Alasan utamanya tentu karena pengelolaan, pelayanan dan kesadaran pentingnya air bersih belum merata. Masalah yang sudah ada bertahun-tahun ini, makin memprihatinkan, dan masih belum terselesaikan.

Cakupan Layanan Air Bersih Jakarta 2015

Kota Jakarta sebagai Ibukota Republik Indonesia, belum dapat menyediakan air bersih bagi seluruh warga penduduk DKI. Cakupan area layanan air bersih di Jakarta menurut PT. PAMJAYA (sumber: http://www.pamjaya.co.id/cakupan-layananpada tahun 2015 baru mencapai 60%, dimana area layanan terbagi menjadi 2 wilayah:

  • PT. Aetra Air Jakarta (Wilayah Timur)
    Asumsi Jumlah Penduduk Kota Jakarta Wilayah Aetra: 4,803,408
    Cakupan Pelayanan Aetra: 60.38%
  • PT PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA) (Wilayah Barat)
    Asumsi Jumlah Penduduk Kota Jakarta Wilayah Palyja: 4,641,433
    Cakupan Pelayanan Palyja: 60.27%


Baca Juga: Bukti Ilmiah Bahwa Air Ternyata Bisa Mendengar Dan Membaca

Namun, usaha sejumlah elemen masyarakat masih terus berlanjut. Mereka mengusahakan ketersediaan dan mensosialisasikan tentang pentingnya air bersih bagi kehidupan. Semangat perbaikan untuk hidup yang lebih baik yang kembali dipompa setiap 22 Maret.

Bertepatan dengan hari air sedunia ini, Rumahku.com akan berbagi info menarik mengenai pasokan air bersih di Indonesia. Masalah pokok yang belum terselesaikan dan butuh solusi segera. Yuk, simak ulasannya berikut ini:

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta