Indonesia-Belanda Lanjutkan Kerjasama di Bidang Sumber Daya Air

Oleh: 25 Nov 2016, 08:30 WIB | 2327 Pembaca
Foto: flickr/Vee

Kerjasama antar Indonesia dengan Belanda sudah terjalin sejak tahun 2001. Salah satunya adalah menyangkut kerjasama dalam bidang Sumber Daya Air (SDA) yang sudah memasuki fase keempat dengan periode tahun 2015 hingga 2019. Pada fase ini terdapat beberapa kegiatan yang dikoordinasikan melalui kelompok kerja yang telah dibentuk.

Kegiatan tersebut antara lain menyangkut pengelolaan SDA terintegrasi, air untuk pangan dan ekosistem, serta ketersediaan air dan sanitasi.

Nota kesepahaman fase keempat ini telah ditandatangani oleh Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyay), Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Indonesia, dan Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Belanda pada tahun 2015 lalu.

BACA JUGA : 3 RUMAH LUAS DI BANDUNG MULAI RP650 JUTA

Sebelumnya fase pertama kerjasama di bidang SDA ini telah dilakukan pada tahun 2001-2006, fase kedua tahun 2007-2012, dan fase ketiga pada 2012-2015.

Selain membahas keberlanjutan kerjasama dalam bidang SDA, pemerintah Indonesia dan Belanda juga membicarakan tentang program National Capital Integrated Coastal Management (NCICD) .

NCICD ditujukan untuk perlindungan wilayah pesisir Jakarta, peningkatan konektivitas, komunitas perkotaan berkelanjutan, pengembangan kawasan, sanitasi, hingga suplai air.

Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Belanda, Melanie Schultz van Haegen menyatakan, langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam pengelolaan pesisir harus mempertimbangkan kenaikan muka air laut yang telah menjadi isu global. 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta