Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menyewakan Rumah

10 Mei 2017, 07:01 WIB | 1491 Pembaca
Rumah Disewakan
Foto: istimewa

Apakah Anda memiliki rumah lebih dari satu? Jika Anda merupakan salah satu orang yang beruntung tersebut, Anda bisa menggunakan rumah untuk mendapatkan pasif income, seperti menyewakan rumah entah dengan bulanan atau tahunan.

Sebagai seorang pemilik sewa, Anda memiliki kewajiban untuk memberi berbagai macam fasilitas yang dapat menjadi alasan kuat penyewa untuk merasa betah dan bisa menjadi penyewa jangka panjang. Tetapi sebelum memutuskan menyewakan rumah yang Anda miliki, ada hal penting yang tidak boleh Anda abaikan.

Rapikan rumah

Sebelum menyewakan rumah, lebih baik Anda merapikan rumah terlebih dulu. Rapikan rumah sebelum disurvei oleh penyewa. Jika perlu, lakukan perbaikan jika terdapat bangunan atau pun properti yang rusak dan memerlukan perbaikan. Utamakan menyewakan perbaikan jangka pendek untuk meningkatkan harga sewa serta memberi kesan baik contohnya membersihkan karpet, mengecat dinding dengan warna baru hingga mengganti tirai.

Jangan sampai Anda terlalu menggebu  menyewakan rumah sehingga tidak memperhatikan kerapian dan kebersihan rumah. saat calon penyewa datang ke lokasi, rumah dalam keadaan berantakan dan kurang layak, selain bisa menurunkan harga sewa, hal ini bisa mengurungkan penyewa untuk menyewa rumah Anda.

Bertemu dengan penyewa

Tindakan sederhana seperti bertemu dengan penyewa harus dilakukan sebelum menandatangani dokumen sewa menyewa. Hal ini akan memberi ide yang lebih baik mengenai bagaimana nantinya mereka merencanakan atau menggunakan properti sewa agar tidak terjadi penyelewengan.

Ketika pertemuan ini, lebih baik Anda membuat sebuah surat perjanjian bersama, Anda bisa menjelaskan apa saja hak dan kewajiban dari masing-masing pihak lengkap dengan konsekuensi yang harus ditanggung jika ada salah satu pihak yang enggan memenuhi perjanjian dan kesepakatan yang telah dibuat bersama.

Sebenarnya, hal yang sederhana ini digunakan untuk menghindari konflik di masa yang akan datang. Apalagi kita tidak mengetahui sebenarnya seperti apa karakteristik sifat dari penyewa tersebut.

Menyewakan rumah, dan dijadikan sebagai lahan bisnis memang menguntungkan, namun jika hal ini tidak dilakukan dengan berhati-hati bukan tidak mungkin malah bisa merugikan Anda.

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta