Hal yang Harus Anda Cermati Saat Mengajukan KPR

20 Des 2016, 19:00 WIB | 4256 Pembaca
Foto: dok. Rumahku.com

Semakin tingginya harga properti dari tahun ke tahun sepertinya tidak pernah menyurutkan konsumen mempunyai rumah idaman yang menjadi dambaan. Kini memiliki rumah pun sudah bisa dilakukan oleh setiap masyarakat.

Hal ini disebabkan ada berbagai macam fasilitas keuangan yang disediakan untuk membantu mewujudkan keinginan tersebut, salah satunya ialah menggunakan fasilitas KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Saat menggunakan fasilitas KPR ini, ada beberapa hal yang harus Anda cermati, yakni:  

Survei terlebih dulu  

Sebagai langkan awal, Anda harus melakukan survei harga pasar rumah serta membandingkannya dengan kemampuan finansial yang Anda miliki sebelum Anda menentukan pilihan.  

Ukuran rumah, lokasi hingga kondisi merupkan hal yang harus Anda fikirkan. Sesudah Anda mendapatkan gambaran harga yang tepat, Anda dapat memulai melakukan survei produk yang ditawarkan oleh pihak bank.  

Saat memilih bank, cermati beberapa hal penting seperti reputasi bank, suku bunga, fasilitas, manfaat menggunakan bank tersebut hingga bantuan saat masa KPR ini berjalan.  

Mulai melakukan investasi  

Dibandingkan Anda hanya terus menabung di rekening, Anda bisa memulai untuk melakukan investasi dari sekarang. Dengan demikian, uang tabungan akan tumbuh cepat. Misalnya, apabila Anda berpenghasilan Rp5 juta per bulan, Anda dapat berinvestasi di reksadana.

Dengan cara ini, apabila investasi memberi tingkat pengembalian yang optimal, hingga delapan kali lipat selama 5 tahun, dan dana yang Anda masukkan hingga Rp40 juta, Anda akan memperoleh hasil sebesar Rp320 juta, jumlah uang ini sudah bisa Anda gunakan sebagai dana uang muka rumah.    

Perhatikan cicilan 

Setelah itu, perhatikan suku bunganya dengan baik. Seperti apa jenis bunga, besar bunga dan biaya administrasinya? Jika Anda merupakan kaum muda yang baru saja bekerja, pasti penghasilan Anda bisa dengan mudah mengalami peningkatan seiring dengan kenaikan karier.  

Pilih tenor yang sesuai dengan kondisi Anda sekarang dan prediksi yang terjadi di masa yang akan datang. Biasanya bank akan memberi pilihan mulai dari 5 tahun hingga 25 tahun.  

Anda tidak perlu memaksakan diri memilih tenor yang pendek untuk mengejar bunga murah. Lebih baik Anda menyesuaikannya dengan kemampuan. 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta