Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia Ini Terbuat dari Kayu

Arsitektur,

Berita Terkait:

Biasanya sebuah pencakar langit dibangun menggunakan beton, alasannya tentu demi keamanan dan ketahanan gedung tersebut dalam menghadapi terjangan angin dan goncangan yang mungkin terjadi. Tapi pencakar langit yang ada di Chicago, Amerika Serikat ini berbeda dari yang lain karena menggunakan material kayu pada struktur bangunannya.

Bangunan yang tepatnya akan ditempatkan di sisi Sungai Chicago ini nantinya akan mempunyai 80 lantai. Pembangunan pencakar langit yang diberi nama “River Beach Tower” ini sebagai bagian dari masterplan proyek yang ada di Sungai Chicago seluas 14 hektare. Jika berhasil dibuat, gedung ini akan menjadi menara tertinggi yang terbuat dari material kayu. River Beach Tower sendiri merupakan sebuah residential high-rise.

BACA JUGA : Khasiat Telur yang Belum Banyak Diketahui Orang

River Beach Tower merupakan kolaborasi antara arsitek Perkins+Will, insinyur Thornton Tomasetti, dan Universitas Cambridge. Penggunaan kayu dipilih karena biaya yang rendah, dan ketahanan serta daya tahan yang baik.

Struktur bangunan dibuat diagonal untuk membuatnya kuat dan stabil. Tak hanya membuatya kuat terhadap guncangan, struktur diagonal pun membuat eksterior gedung ini terlihat unik dan cantik. Pencakar langit ini terdiri dari 300 unit apartemen dan ruang untuk mendukung sosialisasi antar penghuni.

Hasil rancangan Perkins+Will ini telah terpilih dalam penghargaan Festival Arsitektur Dunia tahun 2016 kategori “Residential – Future Projects”.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!