Gara-Gara Selfie Monyet, Fotografer Inggris dan Situs Wikipedia Bersengketa

Showbiz,

Berita Terkait:

Seorang fotografer asal Inggris, David Slater, kesal dengan situs Wikipedia karena klaimnya terhadap hak cipta selfie seekor monyet di Sulawesi ditolak oleh situs yang berlokasi di Amerika Serikat itu. Foto tersebut diambil saat David sedang menjelajah hutan di daerah Sulawesi pada tahun 2011 silam. Foto tersebut diambil sendiri oleh monyet hitam yang menyeringai lebar saat berfoto.

Sang monyet bisa mengambil foto tersebut karena penasaran dengan kamera yang dibawa oleh David. Ia pun tak sengaja memotretnya kemudian. Saat mengikuti perjalanan sekelompok monyet tersebut, David malah mendapati peralatan memotretnya dimainkan oleh para monyet. Akhirnya, ia memasang kamera di tripod agar tak dapat dibawa kabur oleh monyet-monyet itu, alhasil kawanan primata tersebut pun menjalani foto selfie layaknya manusia.

sumber : mirror.co.uk

“Mereka menunjukkan moncongnya di depan lensa dan mulai memotret. Saat itu, mereka seperti bayi yang terlihat senang saat memainkan mainan. Benar-benar menyenangkan. Mereka melihat bayangannya di lensa kamera dan menunjukkan deretan giginya saat melihat sosok yang tidak mereka kenal,” ujar David seperti dilansir dari Mirror.

“Wikipedia menganggap foto itu menjadi perhatian dunia karena hewan itu yang memotretnya sendiri. Karena itu, monyet itulah yang memiliki hak ciptanya,” ujar David menirukan klaim Wikipedia padanya. Jawaban dari Wikipedia ini terang saja membuat David kesal karena menjual foto adalah profesinya.

Pemenang penghargaan Award Wildlife Photograph ini  mengaku sudah menghabiskan 2.000 Poundsterling atau sekitar Rp200 juta untuk perjalanannya ke Sulawesi tahun 2011 silam dan sudah selayaknya mendapatkan uang dari foto yang ia hasilkan.

 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijualsewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga, GRATIS di Rumahku.com!