Fungsi Exhaust Fan di Rumah

Eksterior,

Berita Terkait:

Exhaust fan adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mempercepat sirkulasi udara di dalam rumah. Cara kerjanya yaitu dengan menghisap udara yang ada di dalam ruang dan selanjutnya udara tersebut di buang ke luar ruangan.

 

Pada saat membuang udara ke luar, alat tersebut juga menarik udara segar dari luar ruangan. Alat ini bisa digunakan di ruangan mana pun baik perumahan, pertokoan, atau perhotelan. Tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran. Jadi jika Anda ingin memasang alat ini pastikan Anda memilih sesuai kebutuhan agar tepat guna.

Penggunaan exhaust fan pun menjadi kebutuhan mendesak pada ruang dengan sistem sirkulasi udara yang kurang memadai. Alat ini penting digunakan untuk mengoptimalkan pertukaran udara dalam ruang tersebut.

 

Beberapa orang memang memilih menggunakan exhaust fan untuk mengusir udara panas di dalam ruangan. Hal ini bukan tanpa alasan. Penggunaan alat pelancar sirkulasi udara ini pun memberi sejumlah dampak positif tersendiri, yaitu:

  • Bekerja secara Total
    sumber : jdmfg.com

    Dulu kipas angin memang menjadi satu-satunya solusi untuk mengusir panas, Namun, kipas angin hanya bisa bekerja memutar udara yang ada di sekitarnya saja. Hal ini berarti kipas angin tidak bisa mengusir udara panas di dalam ruang secara total. Berbeda halnya dengan 
    exhaust fan yang mampu bekerja secara total dan optimal. 
  • Daya Efisien
    Daya yang digunakan untuk memasang exhaust fan memang sama seperti daya yang dibutuhkan untuk memasang kipas angin, yaitu 40 watt. Namun, pemakaian daya lebih efisien, udara di dalam ruang pun lebih bersih dan lebih sejuk.
     
  • Lebih Ramah Lingkungan
    Alat exhaust fan lebih ramah lingkungan di bandingkan AC. Mesin pendingin atau Air Conditioner cenderung menyebabkan masalah global warning. Dengan demikian, tentu memilih alat ini menjadi solusi alternatif mengusir udara panas yang lebih ramah lingkungan.

Meskipun penggunaan exhaust fan memberi dampak positif pada beberapa hal, tetapi alat ini tetap memiliki beberapa kekurangan dan memberikan dampak negatif secara tidak langsung. Apa saja dampak negatif dari penggunaan alat ini?

  • Butuh Usaha Lebih Besar
    Dalam upaya pemasangan exhaust fan, dibutuhkan usaha yang lebih besar. Anda harus membobol tembok atau dinding terlebih dahulu untuk bisa memasang alat ini secara permanen. Dari segi harga pemasangan tentu ini cukup memakan biaya yang tidak sedikit.
  • Mempengaruhi Daya Tahan Tubuh



    Sistem kerja 
    exhaust fan kurang lebih sama dengan AC yakni membuat udara di dalam ruang lebih sejuk. Perbedaan udara yang cukup signifikan antara udara di dalam ruang dengan udara di luar ruang bisa mengganggu daya tahan tubuh. Hal ini pun akan jauh lebih terasa jika Anda sedang tidak enak badan.

    Itulah tadi penjelasan singkat mengenai urgensi, dan dampak baik positif ataupun negatif dari penggunaan exhaust fan. Setelah mengetahui informasi tersebut, semoga Anda bisa menjadi lebih bijak dalam menentukan pilihan. Semua pilihan memang ada konsekuensi. Namun, memilih pilihan dengan konsekuensi paling minim adalah suatu kewajiban. Semoga bermanfaat.