Elemen Penting Jendela

Jendela rumah merupakan bagian di mana sinar matahari bisa masuk menyinari bagian dalam rumah. Tak hanya itu, jendela juga sebagai jalur sirkulasi udara sehingga rumah tetap menjadi terang dan sejuk.

Untuk mempercantik tampilan jendela, ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan selain kaca untuk jendela itu sendiri. Apa saja elemen tersebut?

  • Engsel
    Engsel berfungsi untuk menyatukan daun jendela dengan kusennya sehingga proses membuka-tutup jendela menjadi lebih mudah. Engsel yang paling sering digunakan adalah engsel kupu dan pivot.

    Engsel kupu memungkinkan jendela dapat dibuka selebar-lebarnya. Selain itu, engsel kupu merupakan engsel yang sangat awet. Sedangkan engsel pivot mudah dipasang. Keunggulan dari engsel pivot ini adalah engsel tersebut tidak kelihatan dari luar.

     
  • Handle dan Kunci



    Handle adalah alat bantu atau pegangan yang digunakan untuk membuka jendela. Kunci berguna untuk mengunci jendela agar tetap tertutup. Biasanya handle dan kunci dijual bersamaan dengan desain yang disamakan.
     
  • Kait



    Kait berfungsi untuk menjaga daun jendela agar tetap stabil pada posisi terbuka. Kait biasanya dipasang pada jendela ayun, awning, dan hopper. Letak pemasangan kait pada jendela tergantung pada masing-masing jendela. Pemasangan kait harus dilakukan dengan benar agar posisi daun jendela tidak mudah berubah.