Cegah Taman Menjadi Becek

01 Jul 2014, 14:02 WIB | 790 Pembaca
Foto : ilustrasi

Saat hujan turun, biasanya taman menjadi tergenang oleh air hujan atau becek. Tanaman yang tergenang air tersebut dalam waktu cukup lama akan membuat akar tanaman menjadi busuk dan mati. Estetika taman juga akan menjadi berkurang.

Jika selama ini kita berusaha mencegah terjadi becek dengan menggunakan aksesoris pendukung seperti rain chain atau jalan setapak, sekarang coba pusatkan perhatikan pada tanah dan taman itu sendiri.

  • Drainase
    Drainase yang tidak baik akan membuat taman di rumah menjadi tergenang. Bersihkan drainase dengan rutin agar air dapat mengalir dan tidak tergenang. Buatlah minimal 2 pipa pembuangan air atau drainase berukuran diameter 5 cm untuk setiap 9m2 dengan posisi miring mengarah ke selokan atau tempat lainnya yang lebih rendah.

     
  • Lubang Biopori

    Sumber: w.purwakusuma.staff.ipb.ac.id


    Buatlah beberapa lubang biopori di taman Anda. Lubang biopori bermanfaat karena dapat membantu daya resapan air. Selain itu, dengan lubang biopori Anda juga bisa mengubah sampah organik menjadi kompos.
  • Kemiringan Tanah
    Buatlah taman dengan kemiringan kira-kira 10 derajat dan tutupi semua permukaan tanah dengan rumput atau bebatuan.
  • Jenis Tanah
    Beberapa jenis tanah seperti tanah liat memiliki potensi untuk membuat genangan. Usahakan untuk menghindari tanah jenis tersebut. Jika sudah terlanjur, perbanyaklah lubang drainase. Tanah humus bisa menjadi pilihan untuk taman Anda karena kemampuan menyerap airnya yang tinggi.
  • Tanaman yang Tepat

    Sumber: http://marycordaro.com/


    Usahakan untuk menanam dua tanaman yang daya serap airnya tinggi seperti tanaman buah atau pohon berbatang kayu di setiap 9m2. Contoh tanaman yang bisa Anda tanam adalah pohon kamboja, palem dan bambu.

 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijualsewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga,GRATIS di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta