Cari Rumah dengan Harga Murah? Pilih Rumah Sitaan

09 Des 2016, 19:00 WIB | 3892 Pembaca
Foto: dok. Rumahku.com

Kredit macet adalah ancaman yang serius untuk bank. Dalam beberapa kasus hukum yang berkaitan dengan kredit macet ini, rumah agunan lah yang menjadi barang sitaan bank. Hasil dari sitaan ini kemudian dilelang ke balai lelang untuk bisa menutupi kerugian pihak bank. 

Sebenarnya, di balik ancaman yang serius ini, kredit macet bisa memberi peluang menarik untuk mendapatkan rumah. Biasanya bank tidak akan membiarkan rumah dalam keadaan menganggur terlalu lama, rumah dari hasil sitaan ini akan dijual dengan harga yang lebih murah dibanding dengan harga pasar.

Bila beruntung, Anda bisa mendapatkan harga setengah dari harga pasaran. Tidak semua rumah sitaan ini laris manis di balai lelang. Jika rumah tidak laku, rumah akan menjadi stok mereka dan rumah disebut sebagai properti milik REO (Real Estate Owned). Bank akan mengelola REO ini dan menitipkannya di agen properti. 

Membeli REO memang jauh lebih gampang dibandingkan dengan membeli secara langsung dari pemilik. Berikut langkah yang harus Anda lakukan saat membeli REO.

Cari informasi lengkap

Bank biasanya mempunyai banyak rumah dalam daftar stok, mereka malah menawarkan insentif agar rumah lekas laku. Untuk mencari REO, Anda dapat membuka situs web jasa penjualan rumah hasil sitaan dan situs web bank yang memasang stok REO.

BACA JUGA : MEMBUAT RUMAH BERSIH TIDAK SULIT, BEGINI CARANYA

Minta persetujuan 

Sesudah memperoleh informasi yang berkaitan tentang REO, Anda bisa meminta persetujuan pemberian pinjaman pada bank. Bank akan memberi persetujuan setelah mereka melakukan analisis keuangan Anda dan melihat surat keterangan penarikan pinjaman. 

Cek  harga rumah  

Harga REO yang ditawarkan sering kompetitif dalam pasar properti. Anda juga harus berhati-hati karena rumah yang dijual dengan diskon merupakan rumah bermasalah, dan rumah yang memiliki harga sesuai pasar adalah rumah yang tidak bermasalah. 

Biaya yang harus dikeluarkan

Lakukan pemeriksaan dan penilaian, berapa keseluruhan uang yang harus dibayar untuk membeli dan memperbaiki kondisi rumah, karena ada beberapa REO yang sudah lama ditinggalkan sehingga keadaan rumah pasti tidak terurus dengan baik.
Beri bujet sendiri untuk perbaikan jaringan listrik, renovasi rumah dan yang lainnya.  

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta