Cara Penataan Rumah yang Aman untuk Anak

Tips & Panduan,

Berita Terkait:

Menjaga keamanan buah hati menjadi salah satu kewajiban yang dimiliki orang tua. Lebih-lebih bila anak masih berusia balita. Seperti yang kita tahu, anak dengan usia balita biasanya mempunyai rasa keingintahuan yang sangat besar. 

Untuk memenuhi rasa keingintahuannya, anak seringkali menyentuh benda apapun yang berada di sekitarnya. Bahkan termasuk benda-benda yang bisa membahayakan keselamatannya.

Bagaimana jika suatu saat Anda  lengah ketika si kecil jauh dari pantauan kita? Sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan cara menata rumah agar lebih aman untuk anak.  

Berikut beberapa cara yang bisa membuat rumah menjadi lebih aman untuk buah hati tercinta, antara lain:

Pasang kunci 

Usahakan lemari yang digunakan untuk menyimpan perlengkapan dilengkapi dengan kunci. Biasanya lemari kecil memang tidak mempunyai kunci, Anda dapat mengakalinya dengan cara menambahkan kunci yang banyak di jual di toko yang menyediakan peralatan rumah tangga.

BACA JUGA : RUMAH MURAH DAN LUAS DI BANDUNG

Kunci seluruh laci 
Biasanya anak-anak yang baru belajar merangkak akan menggapai sesuatu di depan mereka untuk digunakan sebagai pegangan. Biasanya laci juga menjadi tempat yang sering dijangkau oleh anak-anak. Agar bisa menghindari laci yang terjatuh, sebaiknya Anda mengunci laci di rumah. Jangan lupa meletakkan kunci laci-laci yang berada di posisi rendah.

Hindarkan barang pecah belah dari jangkauannya 

Barang pecah belah ini bisa seperti guci, vas bunga dan pajangan yang terbuat dari kaca temasuk barang yang cepat pecah. Daripada nanti terjadi hal yang tidak kita inginkan apalagi sampai mengancam keselamatan si kecil, lebih baik untuk menyimpan barang-barang di gudang. 

Tutup stop kontak 

Salah satu bagian rumah yang rawan untuk dijangkau anak-anak ialah stop kontak. Biasanya stok kontak berada di bagian yang rendah. Cara yang bisa dilakukan untuk melindungi buah hati Anda dari stop kontak ialah dengan menyembunyikannya di balik lemari, sofa dan tempat tidur.  

Cara lain yang bisa Anda lakukan dengan memasang plug khusus penutup stop kontak sehingga ketika buah hati Anda menyentuh stop kontak, ia bisa tetap aman karena hanya menyentuh penutup. 

 

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!