Cara Mengurus Rumah yang Tidak Memiliki IMB

Oleh: 02 Mar 2016, 14:30 WIB | 871 Pembaca
foto : flickr/stevenm_61

Idealnya sebuah bangunan memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) agar tidak timbul masalah kedepannya. Peraturan tentang bangunan gedung ini terdapat di dalam Undang-Undang (UU) Nomor 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Pasal tersebut menyatakan bahwa bangunan gedung yang telah berdiri, tetapi belum memiliki izin mendirikan bangunan pada saat undang-undang ini diberlakukan, maka untuk memperoleh izin mendirikan bangunan harus mendapatkan sertifikat laik fungsi berdasarkan ketentuan yang ada pada UU ini.

BACA JUGA : SERTIFIKAT TANAH HILANG ATAU RUSAK, BEGINI SOLUSINYA

Oleh sebab itu, jika Anda memiliki sebuah rumah namun tidak memiliki IMB, sebaiknya diurus secepatnya. IMB adalah dokumen yang menyatakan bangunan yang didirikan telah sesuai dengan peraturan yang berlaku.


Rumah tinggal termasuk ke dalam sebuah bangunan. Jika sebuah rumah tinggal masih layak dan berada di lingkungan pemukiman ingin dibuatkan IMB, maka nanti akan ada petugas yang memeriksa kelayakan bangunan secara teknis. Ketika petugas menyatakan masih layak digunakan untuk tempat tinggal, maka dapat diterbitkan IMB.

Namun perlu diingat jika bangunan rumah yang bisa diterbitkan IMB ialah hanya bangunan yang diperuntukan untuk tempat tinggal. Jika tidak, maka IMB tidak bisa diterbitkan.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!

Browser Anda tidak mendukung sistem minimum yang dibutuhkan oleh Rumahku.com.

Silakan menggunakan salah satu dari browser berikut:

Saat ini Anda sedang melihat seluruh properti yang berada di Jakarta Barat, Jakarta.

Anda juga dapat memilih kota properti lain yang Anda minati.

atau, tampilkan properti di wilayah ini : Jakarta Barat, Jakarta