Cara Mengecek Keaslian Sertifikat Tanah

Suatu hari, Anda membeli tanah dari penjual di daerah tertentu karena sangat menginginkan tanah tersebut lantaran berlokasi di tempat yang strategis. Harganya juga bisa dibilang sangat kompetitif sehingga Anda pun tanpa pikir panjang langsung membeli tanah tersebut.

Kemudian Anda pun diberitahu tentang sertifikat yang dimiliki tanah tersebut sudah berstatus SHM. Namun ketika melihat kondisi sertifikat tersebut, Anda merasa bahwa sertifikat tersebut tidak asli alias seperti sertifikat tiruan.

BACA JUGA : PAHAMI 5 POIN PENTING INI SEBELUM BERINVESTASI TANAH

Dibanding mengambil risiko membeli tanah dengan sertifikat tiruan, akhirnya keinginan membeli tanah pun tertunda dan Anda membatalkan perjanjian dengan sang penjual.


Sebagai orang awam, sulit untuk membedakan mana sertifikat yang asli dan tidak. Agar tidak tertipu, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keaslian sertifikat tanah yang hendak dibeli. Simak penjelasannya dalam artikel ini!

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen atau sewa rumah dan tanah dijual. Cari dan pasang iklan rumah Anda sekarang juga di Rumahku.com!